Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Usung Anies sebagai Bakal Capres, Demokrat: Agenda Selanjutnya Deklarasi Koalisi Perubahan

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 17:27 WIB
pks-usung-anies-sebagai-bakal-capres-demokrat-agenda-selanjutnya-deklarasi-koalisi-perubahan
Kepala Badan Komunikasi Strategi DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di Menara Kompas, Jumat (24/6/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra megimbau kepada Nasdem dan PKS agar segera mendeklarasikan Koalisi Perubahan. 

Salah satu alasannya, karena kini ketiga partai politik (parpol) sudah sepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres. 

"Kalau bagi kami, Partai Demokrat, tahapan selanjutnya adalah deklarasi Koalisi Perubahan secara bersama-sama oleh ketiga parpol," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (24/2/2023). 

Baca Juga: Resmi! PKS Deklarasi Anies Baswedan Bakal Capres 2024

Ia menjelaskan, deklarasi Koalisi Perubahan tentunya ini didahului oleh penandatanganan kesepahaman oleh ketiga ketua umum parpol anggota Koalisi Perubahan, mengenai komitmen bersama memperjuangkan perubahan dan perbaikan. 

"Untuk deklarasi bersama tiga parpol Koalisi Perubahan, Demokrat sudah siap. Tinggal menunggu kesepakatan bersama ketiga parpol mengenai timing yang tepat."


 

"Inilah kekuatan Koalisi Perubahan. Tiga parpol berada dalam posisi setara. Saling menghormati. Lalu, setiap keputusan diambil berdasarkan konsensus bersama," katanya. 

Ia menambahkan, untuk deklarasi dari Demokrat kepada Anies Baswedan, sudah tuntas dengan pernyataan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyino (AHY) di akhir Januari lalu.  

"Begitu pula dengan mekanisme internal Demokrat dalam menentukan koalisi dan capres. Sudah selesai. palagi terkait urusan bacawapres, sudah final."

"Seperti yang disampaikan oleh Ketum kami, Mas AHY, dipercayakan sepenuhnya kepada Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, untuk menentukannya," katanya. 

Sebelumnya, Anies mengatakan, deklarasi dukungan yang diberikan oleh PKS untuk dirinya diajukan sebagai peserta Pilpres 2024 adalah sebuah amanat yang besar.  

"Ini adalah sebuah amanat besar, ini adalah sebuah amanat yang akan kami emban dengan teguh dan siap untuk bekerja keras, siap untuk bekerja erat dengan partai-partai pengusung yang sudah dan akan bergabung di dalam sebuah ikhtiar untuk memajukan Indonesia membawa perubahan bagi perbaikan," kata Anies. 

Baca Juga: Demokrat Minta Anies Baswedan Segera Tentukan Sosok Cawapres di Pilpres 2024

Mantan gubernur DKI Jakarta itu berjanji untuk bekerja keras menjalankan amanat tersebut. 

Anies menyebut dukungan dari PKS sebagai sebuah kehormatan besar kepada dirinya dalam menyongsong gelaran pesta demokrasi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x