Kompas TV internasional kompas dunia

China Wajib Khawatir, Taiwan Bakal Kirim 500 Tentara ke AS untuk Latihan Militer Gabungan

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 15:23 WIB
china-wajib-khawatir-taiwan-bakal-kirim-500-tentara-ke-as-untuk-latihan-militer-gabungan
Tentara Taiwan saat parade militer negara itu dalam peringatan hari nasional di Taipei, Minggu (10/10/2021). (Sumber: Chiang Ying-ying/Associated Press)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

TAIPEI, KOMPAS.TV - Taiwan dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan bakal melakukan latihan gabungan pada beberapa bulan ke depan.

Berdasarkan laporan dari Kantor Berita Taiwan, sebanyak 500 tentara Taiwan dikirimkan ke AS untuk melakukan latihan pada tahun ini.

Latihan gabungan tersebut disebut untuk memperkuat kemampuan tempur mereka karena meningkatnya tensi dengan China beberapa waktu terakhir.

Sebuah batalion senjata gabungan, dengan pasukan terutama dari Brigade Infanteri Mekanik ke-333 dan Brigade Baja ke-542, akan melakukan perjalanan ke AS pada paruh kedua tahun ini.

Baca Juga: Waduh! Pengantin Terjebak di Lift saat Mau ke Pesta Pernikahannya, Keluar Setelah 2,5 Jam

Dikutip dari South China Morning Post, Kamis (23/2/2023), menurut sumber yang tak disebutnya namanya, laporan itu mengatakan pelatihan itu merupakan bagian dari pertukaran militer antara Taiwan dan AS.

“Ini menandai untuk pertama kalinya tenmtara di level battalion, khususnya yang terdiri dari 500 pasukan, akan pergi AS untuk latihanm ketimbang pleton (25-60 tentara), atau level perusahaan (80-150 tentara),” bunyi laporan tersebut.

Taiwan diketahui kerap mengirimkan personel militer ke AS untuk berlatih.

Namun, biasanya hanya dalam jumlah sekitar beberapa puluh tentara.



Sumber : South China Morning Post


BERITA LAINNYA



Close Ads x