Kompas TV regional gaya hidup

Manfaat Fabel bagi Perkembangan Karakter Anak

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 14:00 WIB
manfaat-fabel-bagi-perkembangan-karakter-anak
Dongeng memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dongeng menjadi salah satu cara ampuh untuk mengenalkan berbagai hal, seperti sikap, perilaku, hingga nilai moral kepada anak. Dari berbagai jenis dongeng yang ada, fabel menjadi cerita yang banyak disukai anak-anak.

Fabel adalah cerita yang menampilkan binatang sebagai tokoh-tojohnya. Namun, mereka berperilaku dan berbicara selayaknya manusia dan biasanya menyampaikan pelajaran moral.

Selain berisi nilai moral, fabel pun memiliki karakter yang lucu dan mudah disukai anak-anak. Begitu pula fabel dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua episode “Cerita Tanduk Terhebat” dengan tautan akses dik.si/DopingTanduk, yang memiliki pelajaran moral yang baik untuk perkembangan si kecil.

Cerita binatang atau fabel merupakan salah satu cerita tradisional yang menampilkan binatang sebagai tokoh cerita. Menurut Mitchell dalam bukunya yang berjudul Children’s Literature: An Invitation to The World (2003) tujuan cerita binatang ini untuk memberikan pesan-pesan moral.

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak agar Menyayangi Hewan

Berkaitan dengan hal tersebut, Suprihatin (2015) juga memaparkan kebermanfaatan fabel dalam membentuk karakter anak. Fabel yang berupa cerita bertokoh binatang yang berwatak seperti manusia bisa dimanfaatkan sebagai penyampaian nilai-nilai karakter pada anak. Selain itu, fabel juga memiliki berbagai manfaat lainnya bagi tumbuh kembang anak.

1. Fabel Berisi Pesan Kebaikan

Fabel biasanya ditulis atau diceritakan dengan bahasa dan alur yang sederhana agar dipahami anak. Hal ini penting karena anak-anak bisa dengan mudah menyerap pesan moral yang terdapat dalam cerita.

Fabel sangat efektif dalam penanaman karakter pada anak. Anak-anak bisa meniru tokoh dalam cerita dengan norma-norma yang ideal dan menjadikan sikap dan perilaku tokoh menjadi contoh.

2. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak

Saat mendengarkan dongeng fabel, anak-anak akan memperhatikan setiap interaksi yang terjalin antara tokoh dalam cerita. Hal ini akan menumbuhkan kemampuan komunikasi melalui pendengaran, kenangan, dan bahasa lewat karakter binatang yang dihadirkan.

Karakter binatang yang unik dan menarik juga akan menambah ketertarikan anak terhadap cerita tersebut. Hal ini memicu rasa penasaran yang akan memunculkan pertanyaan dari anak dan menciptakan komunikasi di dalamnya.

3. Mengenalkan Anak Berbagai Jenis Binatang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x