Kompas TV entertainment lifestyle

Mengenal Shoey, Tradisi Minum Alkohol dari Sepatu yang Dilakukan Harry Styles

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 18:02 WIB
mengenal-shoey-tradisi-minum-alkohol-dari-sepatu-yang-dilakukan-harry-styles
Harry Styles minum dari sepatu saat konser di Australia, Senin (20/2/2023). (Sumber: Kolase Twitter)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini, penyanyi Harry Styles mendadak membuat heboh penggemarnya usai minum dari sepatu saat menggelar konser di Perth, Australia, Senin (21/2/2023).

Harry Style melepas sepatunya, kemudian mengisinya dengan alkohol, meminumnya, lantas memakai sepatu tersebut ke kakinya lagi.

Di atas panggung tersebut, pelantung tembang As It Was itu menyebutkan bahwa aksi itu merupakan salah satu tradisi yang menjijikkan, tetapi dia tetap melakukannya.

Baca Juga: Ungkap Suka Minum Kopi Saat Perut Kosong, Ardhito Pramono Idap Mag Akut sampai Pingsan di Panggung

Beberapa orang menyebut aksi Harry Styles adalah shoey, minum alkohol dari sepatu. Melansir D Marge, aksi minum dari sepatu lazim dilakukan oleh perempuan di abad ke-20. Mereka minum sampanye dari sepatu mereka sendiri.

Disebutkan bahwa tradisi minum dari sepatu ini pertama kali terjadi pada tahun 1902 di Klub Everleigh, sebuah rumah bordil di Chicago.

Saat itu, sepatu seorang penari jatuh ke lantai dan diambil oleh seorang rombongan Pangeran Henry dari Prusia. Orang itu kemudian menggunakan sepatu tersebut untuk minum sampanye.

Baca Juga: Daniel Ricciardo Tinggalkan McLaren Akhir Musim 2022

Sejarah lain dari shoey disebutkan datang dari Jerman. Kala itu, tentara Jerman yang baru harus minum bir dari sepatu bot sebagai bagian dari perploncoan. Para tentara akan minum dari sepatu bot jenderal mereka setelah mendapatkan kemenangan di pertempuran.

Praktik ini dinilai berkaitan dengan pembuatan gelas berbentuk sepatu bot Bierstiefel.

Australia menjadi negara yang paling terkenal dengan praktik shoey. Adalah Daniel Ricciardo, pembalap Formula 1 yang paling terkenal karena melakukan shoey.

Ricciardo melakukan shoey di Grand Prix Jerman pada 2016 lalu setelah memenangkan balapan. Aksi tersebut terus dilakukan hingga orang-orang yakin bahwa dia akan melakukan shoey setiap kali naik podium.

Dia juga berhasil mengajak selebritas terkenal lainnya untuk minum dari sepatu, termasuk Gerard Butler yang minum Red Bull dari sepatu.

Baca Juga: Sebanyak 20 Mahasiswa Asing Belajar Budaya dan Tradisi Jawa di Unissula Semarang

Selain Daniel Ricciardo, David Reynolds, seorang pembalap Supercars, juga meminum sampanye dari sepatunya di podium setelah kemenangan pertamanya di ajang non-endurance.

Pembalap MotoGP Australia Jack Miller minum sampanye dari sepatunya setelah kemenangan pertamanya. Rekannya, legenda balap MotoGP Valentino Rossi juga melakukan aksi shoey di balapan San Marino pada 2016, menjadi orang non-Australia pertama yang melakukannya.


 

 

 



Sumber : D Marge


BERITA LAINNYA



Close Ads x