Kompas TV nasional update

Kemenhub Kembali Gelar Progam Mudik Motor Gratis di Lebaran 2023

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 06:30 WIB
kemenhub-kembali-gelar-progam-mudik-motor-gratis-di-lebaran-2023
Kondisi lalu lintas kawasan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, yang dipadati pemudik motor, Kamis (28/4/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) mewacanakan kembali program mudik motor gratis (Motis) pada masa angkutan Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan langkah ini dilakukan untuk memindahkan penggunaan sepeda motor ke angkutan kereta api.

"Jadi kira-kira mungkin sekitar 40 hari lebih kita akan menghadapi lebaran. Untuk itu, DJKA akan melakukan program mudik motor gratis. Ini kami lakukan tentunya memindahkan penggunaan sepeda motor di jalan raya dengan angkutan kereta api," katanya dikutip dari Antara, Senin (20/2/2023).

"Ini kami lakukan untuk jelas secara keselamatan mengurangi tingkat kecelakaan yang ada dan ini juga untuk mengurangi tingkat kelelahan dari para pengendara sepeda motor yang ada," lanjut Djarot.

Katanya, Motis 2023 akan berbeda dibanding dari tahun-tahun sebelumnya di mana kereta penumpang akan dirangkaikan langsung dengan rangkaian kereta barang yang mengangkut motor penumpang.

Baca Juga: 80 Juta Orang Diprediksi Bakal Mudik Lebaran 2023, Pergerakan Jauh Lebih Besar dari Tahun Lalu

"Jadi, motor itu bisa mudik bersama orangnya, motor di gerbong barang kemudian orangnya di gerbong penumpang. Ini yang berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, di mana antara angkutan motornya dengan angkutan penumpang itu beda kereta."

"Ini empat kereta api penumpang dirangkaikan dengan tiga kereta api barang yang mengangkut sepeda motor, itu yang pertama yang membedakan Motis kami sebelumnya dengan Motis kami di tahun ini," papar Djarot.

Perbedaan kedua, ialah program Motis tahun 2023 juga akan berangkat dari wilayah barat Jawa.

"Yang kedua perbedaannya adalah ada satu rangkaian yang berangkat dari Cilegon. Jadi, kami menjaring pemotor atau pengangkut sepeda motor dari kawasan barat."



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x