Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas: Kepuasan Publik terhadap Stabilitas Politik dan Keamanan Naik

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 11:28 WIB
survei-litbang-kompas-kepuasan-publik-terhadap-stabilitas-politik-dan-keamanan-naik
Ada beberapa santri berada di lingkaran Jokowi di bawah ini, ini Kolase foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Maruf Amin (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan  Joko Widodo dan Ma’ruf Amin mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei Litbang Kompas pada 25 Januari-4 Ferbruari 2023

Dikutip dari Kompas.id, Senin (20/2/2023), sebanyak 79,2 persen responden menyatakan puas dengan kinerja pemerintah dalam mengelola stabilitas politik dan keamanan.

Baca Juga: Litbang Kompas: Penuntasan Kasus Ferdy Sambo Bikin Kepuasan Publik terhadap Aparat Meningkat

Jika melihat tren penilaian, capaian kepuasan publik saat ini merupakan yang tertinggi sejak awal pemerintahan. Pada survei Oktober 2019, tingkat kepuasan bidang polkam tercatat 64,3 persen. Demikian pula jika dibandingkan dengan survei empat bulan lalu pada Oktober 2022, ada kenaikan 4,6 persen.

Jika mencermati pola kepuasan responden, terdapat sejumlah substansi yang dapat dilihat dari penilaian responden. Aspek pertama ialah peningkatan tertinggi. 

"Dalam aspek ini, peningkatan tertinggi berada di penilaian kinerja pemerintah dalam menjamin warga bebas berpendapat dan membuka kesempatan masyarakat mengawasi pemerintahan," tulis tim Litbang Kompas. 

Peningkatan ini dapat dilihat sebagai penerimaan publik terhadap keterbukaan pemerintah. Saat ini, masyarakat kian mudah memberikan laporan atau pengaduan secara daring kepada pemerintah. 

Bahkan, masyarakat juga dapat langsung berkomunikasi dengan pejabat publik melalui media sosial.

Jaminan kebebasan masyarakat juga tecermin, salah satunya, dari posisi Indeks Kemerdekaan Pers 2022. Skor indeks saat ini berada di angka 77,88 poin atau naik 1,86 poin dari tahun 2021. 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x