Kompas TV nasional peristiwa

Yaqut Bela Erick Thohir soal Status Banser dan Ke-NU-an: Jutaan Sahabat Mendukungmu

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 08:53 WIB
yaqut-bela-erick-thohir-soal-status-banser-dan-ke-nu-an-jutaan-sahabat-mendukungmu
Erick Thohir berseragam Banser NU, kini Yaqut membela saat status banser dan kader NU dipertanyakan kala jabat ketum PSSI (Sumber: Istimewa) 
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Yaqut C Qoumas membela Erick Thohir tentang status sebagai anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan warga Nahdlatul Ulama (NU). 

Hal ini sebagai respons terhadap pihak-pihak yang mempertanyakan status Erick Thohir di NU, apalagi kini menjabat Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI).

Kata Yaqut, Erick Thohir adalah kader Banser DKI dan telah ikut pendidikan jadi Banser atau Pendidikan Diklat Dasar (Diklatsar) DKI. 

"Banser sebagai badan otonom GP Ansor itu organisasi kekaderan yang bersifat tertutup. Artinya, siapapun yang setuju dengan peraturan dan garis organisasi dan bersedia mengikuti pelatihan, sah buatnya menjadi kader," kata Yaqut, Jumat (18/2/2023) dilansir dari instagram resminya. 

Bahkan, ia memberi analogi soal kambing mengembing kafilah berlalu jika ada yang masih mempertanyakan Erick Thohir sebagai kader NU. 

"Termasuk Kader Banser yang bernama Erick Thohir. Dia setuju dan mengikuti kaderisasi organisasi. Artinya, otomatis juga baginya tersemat predikat kader NU sebagai induk organisasi GP Ansor," paparnya. 

"Lalu, mereka yang koar-kora mempertanyakan kebanseran —dengan demikian— keNUan Erick Thohir, belum tentu pernah mengikuti pengkaderan sebagaimana yang dia ikuti," tambah Menteri Agama RI itu. 

Baca Juga: Ketum PBNU Gus Yahya Beri Perintah Khusus ke Erick Tohir sebagai Kader Banser, ET: Siap, Insya Allah

"Jadi, bagi Banser, kambing mengembik, kafilah tetap berlalu. Banser tetap mencari ruang-ruang pengabdian terbaik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara," sambungnya. 

Ia lantas menyebut, kini Erick Thohir jadi Ketum PSSI adalah bukti amanah. 

"Kali ini Banser Erick yang sudah memegang sertifikat Diklatsar Banser DKI memanggul amanah sebagai Ketum PSSI. Sebagai Ketua Umumnya, saya yakin dia mampu menjawab tantangan yang tidak mudah di tubuh persepakbolaan Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Respons Ganjar sampai Erick Thohir soal Ricuh Polisi dan Suporter di Stadion Jatidiri Semarang 

Ia juga menyebut, sebagai kader Banser, Erick juga mamahami tugas besar siap menghadang. 

"Banser Erick memiliki kemampuan manajerial yang baik, tahu seluk beluk sepak bola dan yang jelas petarung! Nggak lembek, baperan, inkonsisten dan norak! Maju terus, Ser!. Jutaan sahabat mendukungmu," jelasnya. 

Adapun Erick Thohir sendiri resmi menjadi Banser NU pada Novembers 2021 lalu usai ikut Diklatsar Banser NU DKI. 

Bahkan, ia sempat ikut berjongkok, pushup dan pelbagai latihan sebagai bagian dari diklat kader NU tersebut. 

Menteri BUMN itu bahkan menjadi ketua dewan Pengarah (SC) di Harlah Satu Abad NU yang agenda puncaknya digelar pada 7 Februari 2023 lalu di Sidoarjo, Jawa Timur. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x