Kompas TV regional peristiwa

OPM Sebut Pilot Susi Air asal Selandia Baru dalam Kondisi Baik dan Sehat

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 20:47 WIB
opm-sebut-pilot-susi-air-asal-selandia-baru-dalam-kondisi-baik-dan-sehat
Pesawat milik maskapai Susi Air yang diduga dibakar di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023). (Sumber: Kompas TV)

PAPUA, KOMPAS.TV – Pihak Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merilis foto dan video yang disebut-sebut sebagai pilot pesawat Susi Air Philip Mark Mehrthens.

Juru bicara TPNPB OPM Sebby Sambom, melalui keterangan tertulis menyebut bahwa kondisi pilot tersebut baik dan sehat.

“Komando nasional umumkan resmi foto dan video bersama pilot New Zealand, dan pilot asal NZ baik dan sehat,” tulisnya.

Dalam rilis tersebut, Sebby juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengaku bertanggung jawab atas pembakaran pesawat milik Susi Air di Paro, Kabupaten Nduga.

“Kami tepati janji kami dan bertanggung jawab secara politik. Karena ini isu politik, pilot New Zealand jaminan negosiasi politik,” tambahnya.

Baca Juga: Pemerintah Akui Pilot Susi Air Disandera KKB, Tempuh Cara Persuasif untuk Pembebasan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, pilot Susi Air tersebut masih dalam penyanderaan.

“Sampai hari ini masih terjadi penyanderaan oleh sekelompok orang, kelompok kekerasan bersenjata di Papua atau KKB, yang masih menyandera Kapten Pilot Philip Mark Mehrthens, dan belum dilepas,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Mahfud, pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penyelamatan terhadap sandera, dengan pendekatan-pendekatan yang sifatnya persuasif.

Sebab, kata dia, yang diutamakan adalah keselamatan sandera.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x