Kompas TV nasional politik

Ketum Partai Ummat: Kami adalah Politik Identitas

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 01:15 WIB
ketum-partai-ummat-kami-adalah-politik-identitas
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi. (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan partainya akan mengusung cara yang beradab dan elegan dalam berpolitik di Indonesia.

Salah satu gagasan yang dibawa partai politik (parpol) besutan Amien Rais itu yakni berpolitik dengan membawa identitasnya. 

"Dengan cara yang beradab dan elegan, narasi latah yang kosong dan menyesatkan, yaitu politik identitas. Kita akan secara lantang mengatakan, ya, kami Partai Ummat, dan kami adalah Politik Identitas," kata Ridho saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat di Jakarta, Senin (13/2/2023). 

Baca Juga: Din Syamsuddin dan Amien Rais akan Bertemu dalam Rakernas Partai Ummat

Ia menjelaskan, tanpa moralitas agama, politik akan kehilangan arah dan terjebak dalam moralitas yang relatif dan etika yang situasional. 

"Ini adalah proyek besar sekularisme, yang menghendaki agama dipisah dari semua sendi kehidupan, termasuk politik. Dengan demikian perlu dipahami, bahwa sesungguhnya, justru politik identitas adalah politik yang pancasilais," ujarnya. 

Selain itu, kata dia, Partai Ummat akan menggalakkan pengkaderan, untuk mencetak kader-kader ideologis yang memiliki kecerdasan teoritis maupun praktik.

"Dengan mental manusia-tauhid yang merdeka seutuhnya, yang bebas dari rasa inferior maupun superior, yang bebas dari rasa takut kepada selain Allah," katanya. 

Ia menambahkan, pihaknya juga akan membangun organisasi yang berstandar modern dengan tata kelola yang efektif dan efisien, serta terintegrasi dengan kemajuan digitalisasi.

"Serta diisi dengan kolaborasi dan koordinasi antara kader yang solid dan konsisten," katanya.

Baca Juga: Anies dan Gatot Nurmantyo Akan Hadiri Rakernas Partai Ummat Besutan Amien Rais


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x