Kompas TV video vod

Tahun Ini BRI Salurkan Kredit Usaha Rakyat Senilai Rp 270 Triliun

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 10:30 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Bank Rakyat Indonesia akan menyalurkan kredit usaha rakyat senilai Rp 270 triliun tahun ini. Nilai tahun ini naik Rp 13 triliun dibanding tahun lalu.

Di tahun 2022 Bank Rakyat Indonesia alias BRI mendapat jatah alokasi kredit usaha rakyat alias KUR sebesar Rp 257 triliun.

Dan hingga akhir tahun 2022 sudah tersalur Rp 252,4 triliun kepada 6,5 juta debitur dan di tahun ini BRI mendapat jatah alokasi KUR sebesar Rp 270 triliun.

Bunga KUR saat ini mencapai 16 persen. 10 persen adalah subsidi pemerintah kepada pelaku usaha mikro dan kecil sisanya adalah beban bunga yang harus dibayar masyarakat.

Namun melihat penyaluran kur BRI 2022 masih belum mencapai alokasi pemerintah, maka BRI akan mengkomunikasikan dengan para pemangku kepentingan agar alokasi KUR tahun ini dapat disesuaikan sesuai dengan kapasitas BRI.

Direktur utama BRI Sunarso juga menegaskan, KUR merupakan kredit usaha rakyat bukan bantuan atau hibah.

Kredit yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dan kecil dananya didapat dari dana masyarakat atau dana pihak ketiga dan bank tetap harus membayar bunga kepada para nasabah yang sudah menabung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x