Kompas TV nasional kriminal

Pilot Susi Air Warga Selandia Baru Disandera KKB, Kapolri Terjunkan Tim Gabungan Sisir Papua

Kompas.tv - 8 Februari 2023, 06:46 WIB
pilot-susi-air-warga-selandia-baru-disandera-kkb-kapolri-terjunkan-tim-gabungan-sisir-papua
Ilustrasi susi air yang dibakar KKB. Mabes Polri menurunkan tim gabungan dari Operasi Damai Cartenz guna menyisir wilayah Papua dan mencari keberadaan pilot Susi Air Philips Marthen (37) asal Selandia Baru disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Sumber: Tribun Network)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menurunkan tim gabungan dari Operasi Damai Cartenz guna menyisir wilayah Papua dan mencari keberadaan Pilot Susi Air Philips Marthen (37) asal Selandia Baru disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut soal kasus pembakaran Susi Air di Papua itu, kini pihaknya sedang melakakuan pencarian dan tim sudah bergerak di Nduga, Papua Pegunungan.  

Diketahui, pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK-BVY diduga dibakar oleh KKB seusai mendarat di Bandara Paro, Nduga, Selasa (7/2/2023) pagi.

Kapolri Listyo Sigit mengatakan, tim gabungan Operasi Damai Cartenz akan dikerahkan untuk mencari dan informasinya akan segera disampaikan.

"Terkait dengan perkembangan dari pilot dan penumpang yang diamankan oleh KKB saat ini sedang dalam pencarian tim gabungan dari Operasi Damai Cartenz," kata Listyo dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (7/2).

Maka dari itu, Kapolri menyebut bakal sesegera mungkin hasil pencarian akan diungkap ke publik. 

"Untuk hasilnya nanti akan kami informasikan," ujar Jenderal Listyo Sigit.

Baca Juga: Kuasa Hukum Susi Air: Pesawat Bukan Terbakar Akibat Kendala Teknis

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, sebuah pesawat terbakar di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2) pagi kemarin.

Pihak Susi Air melalui owner-nya Susi Pudjiastuti menjelaskan, pesawat Susi Air dengan kode penerbangan PK-BVY terbang dari Bandara Moses Kilangin, Mimika menuju Paro pada pukul 05.33 WIT.


Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen M. Saleh Mustafa memastikan, pilot Susi Air PK-BVY yang bernama Philips Marthen (37) asal Selandia Baru dibawa oleh KKB Egianus Kogoya

Sementara itu, lima penumpang di pesawat Susi Air itu masih belum diketahui kondisinya.

"(Pilot) Dibawa oleh kelompok EK (Egianus Kogoya)," ujarnya melalui pesan singkat, Selasa (7/2).

Baca Juga: Polda Papua Sebut Ada Laporan KKB Bakar Pesawat Susi Air di Nduga, Nasib Pilot Diselidiki



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x