Kompas TV nasional update

Harlah 1 Abad NU, Muhammadiyah Siapkan Ribuan Porsi Makan-Minum hingga Tempat Pakir untuk Nahdliyin

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 13:06 WIB
harlah-1-abad-nu-muhammadiyah-siapkan-ribuan-porsi-makan-minum-hingga-tempat-pakir-untuk-nahdliyin
Poster hari lahir (harlah) satu abad NU yang digelar di Sidoarjo 7 Februari 2023. Organisasi Islam Muhammadiyah di Sidoarjo, Jawa Timur, menyediakan ribuan porsi makanan dan minuman untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin yang mengikuti acara Puncak Resepsi Satu Abad NU, Senin (6/2/2023). (Sumber: NU Online)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

SIDOARJO, KOMPAS.TV - Organisasi Islam Muhammadiyah di Sidoarjo, Jawa Timur, menyediakan ribuan porsi makanan dan minuman untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin yang mengikuti acara Puncak Resepsi Satu Abad NU, Senin (6/2/2023).

"Kami menyediakan makanan dan minuman yang dibagikan secara gratis, yaitu air mineral sembilan ribu botol, minuman kopi, teh, dan snack untuk dua ribu orang, nasi dua ribu bungkus, dan bakso tiga ribu porsi," kata Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Hidayatulloh, Minggu (5/2) dilansir dari laman PWMU.

Selain, makanan dan minuman, pihaknya juga menyiapkan tempat parkir kendaraan maupun tempat istirahat untuk dua ribu orang. Tak hanya itu, ada juga mobil ambulans dan tim kesehatan yang akan disiagakan.

Semua fasilitas tersebut disiapkan untuk jemaah NU yang transit di Perguruan Muhammadiyah Sidowayah, Jalan Mojopahit 666 B Sidoarjo.

Ia menerangkan, rencana penyambutan Nahdliyin di Sidoarjo tersebut merupakan gabungan dari berbagai elemen, yakni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo.

Kemudian, Organisasi Otonom Muhammadiyah, Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Sidoarjo, dan takmir masjid Annur.

Baca Juga: Jelang Puncak Peringatan Harlah 1 Abad NU, Panitia Imbau Jemaah Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini!

Ketua PDM Sidoarjo Zainul Muslimin juga menerangkan, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Sidoarjo turut menyiapkan cemilan dan kopi dengan konsep angkringan secara cuma-cuma alias gratis pada Senin (6/2) malam hingga esok Selasa (7/2).

Ia menuturkan, sumber pembiayaan logistik tersebut berasal dari Smamda Sidoarjo, Umsida, dan Lazismu Sidoarjo.

Menurut Zainul, organisasi Muhammadiyah juga berkewajiban untuk memuliakan tamu warga NU di Sidoarjo, sebagai tetangga tuan rumah Harlah 1 Abad NU.

"Kami siapkan semua lokasi yang kami miliki untuk parkir bus dan atau mobil kecl, tempat istirahat dengan MCK yang memadai, penyediaan makan, snack, dan minuman," ujarnya, Minggu (5/2).

Senada, Kepala Smamda M Zainul Arifin mengatakan, sekolah yang dikepalainya itu menyiapkan area parkir di halaman luar dan dalam.

"Ada konsumsi 1.500 nasi bungkus, teh, kopi, dan gorengan hangat dibantu AMM yang memasak," ujarnya, Kamis (2/2).

Baca Juga: Puncak Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo, Gereja Sediakan Tempat Istirahat, Makan Minum hingga Nobar

Smamda juga menyediakan karpet untuk tidur para tamu di Masjid An-Nur Sidoarjo. 

"Termasuk menyiapkan semua toilet di lingkungan Smamda, menyiagakan tenaga security Smamda untuk keamanan, tenaga kebersihan relawan, dan mengerahkan Kantor Layanan Lazizmu Smamda pada 6 hingga 7 Februari 2023," ucapnya.

Sesuai Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara daring selama perayaan puncak Harlah 1 Abad NU tanggal 6 hingga 7 Februari 2023.


 



Sumber : Kompas TV/PWMU


BERITA LAINNYA



Close Ads x