Kompas TV internasional kompas dunia

Bocah 9 Tahun Dinyatakan Lulus SMA, Senang Bermain dan Bercita-cita Jadi Pakar Astrofisika

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 10:24 WIB
bocah-9-tahun-dinyatakan-lulus-sma-senang-bermain-dan-bercita-cita-jadi-pakar-astrofisika
David Balogun yang berusia 9 tahun dinyatakan lulus SMA dan bercita-cita jadi pakar astrofisika, penasaran dengan lubang hitam dan supernova. (Sumber: Fox43)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

HARRISBURG, KOMPAS.TV - Seorang bocah lelaki Amerika berusia sembilan tahun bernama David Balogun yang menyukai ilmu komputer dan pemrograman, menjadi salah satu orang termuda di Amerika Serikat yang lulus dari sekolah menengah atas, seperti laporan Straits Times, Senin, (6/2/2023).

David Balogun lulus SMA dari Reach Cyber Charter School setelah mengambil kelas jarak jauh dari rumahnya di Bensalem pinggiran Philadelphia. Dia akan secara resmi menerima ijazahnya pada bulan Juni tahun ini.

“Saya menyadari saya dapat lulus pada usia sepuluh atau sembilan tahun selama saya berusaha, dan dengan bantuan ibu, ayah, dan tentu saja, Reach Cyber Charter School, saya dapat melakukannya,” katanya kepada saluran berita i.

David, yang senang belajar dan olahraga seperti karate dan bisbol, serta bermain piano, telah memetakan sekaligsu merencanakan masa depannya.

“Saya ingin menjadi astrofisikawan dan saya ingin mempelajari lubang hitam dan supernova,” katanya.

Kedua orang tuanya punya gelar yang tinggi, tetapi mereka mengakui bahwa membesarkan seorang putra dengan kecerdasan luar biasa dapat menjadi tantangan.

“Dia adalah anak berusia sembilan tahun dengan otak yang mampu memahami banyak konsep yang melampaui usianya dan terkadang di luar pemahaman saya,” kata ibu David, Ronya Balogun.

Baca Juga: Kisah Remaja Paling Cerdas Afghanistan, Masuk Universitas Kedokteran Kabul, Kini Ragu Masa Depannya

David Balogun dan keluarga. Bocah lelaki Amerika berusia sembilan tahun bernama David Balogun yang menyukai ilmu komputer dan pemrograman, menjadi salah satu orang termuda di Amerika Serikat yang lulus dari sekolah menengah atas. (Sumber: WGAL Pennsylvania)

Ayahnya, Henry Balogun, mengatakan anaknya selalu ingin tahu, “Dia sangat ingin tahu untuk mengetahui banyak hal,” kata Balogun kepada Fox43.

Sebagai anggota dari Mensa, kelompok masyarakat ber IQ tinggi, David memuji sejumlah gurunya karena terus mendorong dirinya melakukan yang terbaik.

“Mereka tidak menghambat saya. Mereka juga mengadvokasi untuk saya, mengatakan, 'Dia bisa melakukan ini. Dia bisa melakukan itu,” katanya.

Guru sainsnya, Cody Derr berkata, "David adalah anak yang menginspirasi - seorang anak yang mengubah cara berpikir Anda tentang mengajar."

Bukan orang yang berpuas diri, David kini sudah menyelesaikan satu semester di Bucks County Community College di Pennsylvania. Dia juga sedang mengejar sabuk hitamnya dalam seni bela diri.

Sementara itu, orang tuanya sedang mencari perguruan tinggi dan universitas yang “cocok” untuk putra mereka.

Sang ayah, Henry Balogun berkata, “Apakah saya akan memasukkan anak saya yang berusia sembilan tahun ke Harvard (di Massachusetts) sementara saya tinggal di Pennsylvania? Tidak."



Sumber : Kompas TV/Fox43/WGAL Pennsylvania


BERITA LAINNYA



Close Ads x