Kompas TV entertainment lifestyle

5 Rebusan Daun yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 07:05 WIB
5-rebusan-daun-yang-dapat-mencegah-penyakit-kanker
Ilustrasi. Minum air rebusan daun kelor untuk mencegah kanker (Sumber: kontan.co.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kanker adalah penyakit akibat sel-sel jaringan di tubuh tumbuh tidak normal hingga berubah menjadi sel kanker. Jika dibiarkan, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Dekan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. I Ketut Adnyana, M.Si., Ph.D mengatakan sel kanker muncul pada organ yang aktif digunakan pada tubuh manusia dan terpapar oleh faktor luar. 

Misalnya, paru-paru yang sering terpapar polusi dan asap rokok hingga usus yang sering terpapar makanan yang dimakan sehari-hari 

“Semakin sering kita makan makanan tidak sehat, maka akan memicu mutasi sel yang menyebabkan kanker,” kata Ketut beberapa waktu lalu, dikutip dari itb.ac.id.

Ada beragam faktor penyebab kanker, bebera di antaranya keturunan (genetik), minuman beralkohol dan obesitas.

“Pada dasarnya, semua penyakit ada hubungannya dengan keturunan, termasuk penyakit kanker. Maka dari itu, jujurlah pada keluarga jika memiliki penyakit tertentu,” ucap Ketut.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Jadi Faktor Risiko Kanker Payudara, Apa Saja?

Berdasarkan penelitian, ada beberapa obat herbal yang dapat memiliki khasiat mencegah sel kanker muncul, seperti rebusan daun.

Lantas apa saja obat alami mencegah kanker?

1. Rebusan Daun Sirih

Melansir kemkes.go.id, daun sirih memiliki senyawa fenolik yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif. 


 

Daun sirih juga memiliki kandungan fitokimia tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun ini juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. 

Cara membuat rebusan daun sirih yakni cuci bersih 3 daun sirih kemudian rebus dengan 2 gelas air. Biarkan air menyusut hingga menyisakan satu gelas dan angkat. Kemudian dinginkan.

2. Rebusan Daun Sirsak



Sumber : kemkes.go.id, itb.ac.id, unair.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x