Kompas TV regional berita daerah

Petani di Tiga Daerah Mulai Tanam Bawang Putih

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 19:28 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Paguyuban petani tiga daerah Lumantaring Berkah Kahuripan yaitu petani Pemalang, Pekalongan dan Tegal optimis akan ikut berpartisipasi menaikan produksi bawang putih di tingkat nasional. Hal tersebut ditandai dengan penanaman pohon dan dimulainya penanaman bawang putih di kawasan wisata Tangkeban, Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

 

Kegiatan ini juga sekaligus memperingati hari lahan basah sedunia, yang selalu diperingati setiap 2 januari. Ratusan petani tiga daerah ini  menanam ribuan pohon berbagai jenis dan bawang putih di dataran tinggi wilayah Lereng Gunung Slamet tersebut. Peringatan lahan basah sedunia yang mengambil tema ‘Wetland Restoration’ atau ‘Restorasi Lahan Basah’.

 

Ketua paguyuban petani tiga daerah, Lumantaring Berkah Kahuripan Kabupaten Pemalang, Risnoto, menyebutkan, bawang putih dapat meningkatkan kesejahteraan petani yang selama ini belum menyentuh komoditi bawang putih.Rencananya akan membuka lahan untuk tanaman bawang putih sekitar 500 hektar, di dataran tinggi Kabupaten Pemalang.

 

Diharapkan, generasi muda bisa memulainya untuk bertani pada komoditi bawang putih. Selama ini generasi muda tidak berminat pada sektor pertanian dan kebanyakan memilih bekerja ke luar kota.

 

Supriyanto mengapresiasi kepada petani tiga daerah, Lumantaring Berkah Kahuripan, yang sudah memulai untuk melakukan penanaman bawang putih sehingga dapat memperbaiki penghasilan petani setempat. Bawang putih bagian dari penentu inflasi, sebab komoditas ini  masih impor sekitar 90 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x