Kompas TV internasional kompas dunia

Rumah Presiden AS Joe Biden Digeledah Lagi, Tak Ditemukan Dokumen Rahasia

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 15:15 WIB
rumah-presiden-as-joe-biden-digeledah-lagi-tak-ditemukan-dokumen-rahasia
Presiden AS Joe Biden. (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Rumah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden digeledah terkait penyelidikan federal untu mencari penyimpanan dokumen rahasia.

Namun, dilaporkan pada penggeledehan di rumah Biden di Rehoboth, Delaware, Rabu (1/2/2023) tak ditemukan adanya dokumen rahasia tersebut.

Pengacara pribadi Biden, Bob Bauer,  mengonfirmasikan Departemen Kehakiman AS mengirim FBI di rumah tersebut sebagai bagian dari pencarian yang direncanakan.

Bauer mengatakan Departemen Kehakiman berusaha melakukan pencaraian tanpa pemberitahuan ke publik sebelumnya.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Resep Pembuatan Mumi Mesir Kuno, Salah Satu Bahan Utama Ternyata dari Nusantara

“Pencarian hari ini merupakan langkah lebih menyeluruh dan tepat waktu dari proses Departemen Kehakiman yang selanjutnya akan terus kami dukung dan fasilirtasi,” kata Bauer dilansir dari Financial Times.

Pada pernyataan berikutnya, Bauer mengatakan pencarian selama 3,5 jam telah dilakukan dan tak ada dokumen rahasia yang ditandai ditemukan.

Bauer menambahkan bahwa Departemen Kehakiman akan meninjau lebih lanjut sejumlah materi dan tulisan tangan yang berhubungan dengan waktu Biden sebagai wakil presiden di Pemerintahan Barack Obama.

Juru Bicara Gedung Putih, Ian Sams, mengatakan bahwa pemerintah dan Presiden Biden akan bekerja sama penuh atas dugaan tersebut.

Baca Juga: Tentara Ukraina Ungkap Kengerian Hadapi Kelompok Wagner, Seperti Menonton Film Zombie

“Kami bekerja langsung dengan Departemen Kehakiman sejak awal,” katanya.

Pencarian Rabu, merupakan perkembangan terbaru dari kekacuan hukum dan politik yang membayangi Gedung Putih saat Biden bersiap mengumumkan kembali upayanya untuk terpilih lagi pada 2024.

Jaksa Agung AS, Merrick Garland pada bulan lalu menunjuk penasihat khusus untuk memeriksa penanganan materi rahasia Biden.

Hal itu terjadi setelah Gedung Putih mengungkapkan bahwa catatan senisitif pemerintah telah ditemukan di kantor dan kediaman pribadi Biden di Wilmington, Delawar, November lalu.



Sumber : Financal Times


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x