Kompas TV regional berita daerah

Menjaga Warisan Mak Erot agar tak punah

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 15:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Mak Erot yang meninggal pada tahun 2008 silam, mampu mengobati keluhan vitalitas pria. kini diwariskan kepada keturunnya, seperti Aa Yudin Abdulah dan Engka, salah satu Cucu Mak Erot yang telah mempatenkan pengobatan alternatif yang berlokasi di Kampung Cigadog, Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Aa Yudin Abdulah, dalam praktek pengobatannya tidak menggunakan bahan kimia apalagi suntikan saat proses reparasi alat vital itu dilakukan. Dirinya hanya mengandalkan ramuan tradisional yang diwarisi secara turun temurun. Ramuan mulai dari buah terong mini, hingga ketan hitam dan jamu.

Menurutnya buah itu tidak tumbuh di sembarang tempat, dan meyakini buah itu hanya ada di pekarangan rumah peninggalan Mak Erot saja. Selain ramuan buah terong mini ini, dirinya juga memberikan ramuan lainnya kepada pasien, seperti nasi ketan hitam dan ramuan khusus. Setelah itu, pasien lalu di pijat dan diharuskan menghabiskan beberapa makanan. Seluruh proses pengobatan ini sama dengan apa yang dilakukan oleh Mak Erot dulu.

Pengobatan tradisional ini hanya di warisi kepada keturunan Mak Erot saja. sehingga jika anda ingin datang, langsung saja ke Kampung Cigadog, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.,

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x