Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini Alasan Rocky Gerung sampai Eks Ketua KPK Dukung Anies Capres 2024, Gabung KIB Tandingan

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 11:39 WIB
ini-alasan-rocky-gerung-sampai-eks-ketua-kpk-dukung-anies-capres-2024-gabung-kib-tandingan
Dari kiri ke kanan, mantan pimpinan KPK Saut Situmorang, eks wamen ATR/BPN Surya Tjandra, dan pengamat politik Rocky Gerung saat diskusi yang digelar Sekber KIB di Hotel Atlet Century, Senayan, Rabu (1/2/2023). Mereka mendung Anies Baswedan maju jadi capres 2024.  (Sumber: Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah aktivis dan tokoh politik ikut dan tergabung dalam deklarasi Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024 di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Mulai dari nama pengamat politik Rocky Gerung, mantan wamen ATR/BPN sekaligus eks politisi PSI Surya Tjandra, sampai eks ketua KPK Saut Situmorang.

Mereka hadir dalam deklarasi Anies Baswedan dan menyebut diri sebagai KIB atau Koalisi Kuning, Ijo, Biru (KIB). Koalisi ini didirikan tiga kelompok relawan Anies, yaitu Go-Anies, Forum Ka'bah Membangun dan Anies Amanat Indonesia.

Rocky Gerung dalam deklarasi itu bahkan terang-terangan secara terbuka mendukung Anies Baswedan sebagai capres. 

Alasannya, bagi Rocky Gerung, karena Anies Baswedan sosok yang tepat untuk perubahan, serta bukan bagian dari pemerintahan yang ada sekarang ini.

"Apakah Anies dipilih karena diperlukan? Tidak, dia terpilih karena yang sekarang tidak diperlukan," kata Rocky, Rabu malam. 

Baca Juga: Sosok Cawapres Anies Baswedan Mengerucut, NasDem Ungkap Tak Harus AHY

Mantan pimpinan KPK Saut Situmorang juga ungkap alasan kenapa ia akhirnya memutuskan untuk dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Katanya, dibanding yang lain, Anies Baswedan sosok berintegritas.

“Jadi pertanyaannya Saut ngapain di sini? Jawabannya ya untuk presiden yangg berintegritas lah," kata Saut dilansir Tribunnews. 

Baca Juga: Gerak-gerik Anies Baswedan di Solo, Bertemu Ki Anom Suroto dan Pulang Naik Jet Pribadi

Tiga Relawan Anies Baswedan

Adapun pendukung Anies Baswedan yang tergabung dalam KIB kini resmi punya sekretariat bersama dan diresmikan dalam deklarasi tersebut pada Rabu (1/2/2023) di Jakarta.

Ketua umum relawan Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab, menyebut, KIB ini sebagai upaya relawan dukung Anies Baswedan dan menghimpun banyak tokoh jelang Pemilu 20224. 

"Kami tiga simpul relawan Go-Anies, Forum Ka'bah Membangun, Anies Amanat Indonesia di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat Bersama dengan nama Kuning-Ijo-Biru (Sekber KIB)," katanya. 

Lebih lanjut, Sirajuddin mengatakan, pembentukan sekber KIB ini ditujukan sebagai wadah masyarakat untuk mendukung mantan gubernur DKI Jakarta itu menjadi capres di Pilpres 2024. 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x