Kompas TV nasional rumah pemilu

Sosok Cawapres Anies Baswedan Mengerucut, NasDem Ungkap Tak Harus AHY

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 07:50 WIB
sosok-cawapres-anies-baswedan-mengerucut-nasdem-ungkap-tak-harus-ahy
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebut cawapres untuk Pilpres 2024 tergantung Anies Baswedan (Sumber: Partai Demokrat )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sosok nama Cawapres untuk Anies Baswedan mulai mengerucut di tim kecil Koalisi Perubahan yang berisi Partai NasDem, Partai Keadiilan Sejahtera (PKS) dan Demokrat. Nama Agus Harimurti Yudhono (AHY) masuk radar, tapi disebut tak harus jadi cawapres pada Pilpres 2024. 

Hal itu diungkap Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim soal siapa sosok cawapres Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Menurutnya, pihak PKS dan Demokrat sudah setuju soal sosok nama ini. 

Bahkan, kata Hermawi, mengutip pernyataan AHY di Koalisi Perubahan, soal nama Cawapres Anies Baswedan juga tidak harus dari kader Partai Demokrat tersebut. 

“Cawapresnya sedang dibicarakan oleh Pak Dirman (Sudirman Said) dan tim kecil, karena itu juga sudah hampir mengerucut,” tuturnya dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (1/2/2023) malam.

Baca Juga: Gerak-gerik Anies Baswedan di Solo, Bertemu Ki Anom Suroto dan Pulang Naik Jet Pribadi

Herwawi juga menyatakan, PKS juga sudah legawa dan siap jika Cawapres ditentukan oleh Anies Baswedan sendiri, bukan pihak yang lain. 

Sebab, kata dia, Anies Baswedan yang paling tahu sosok cawapres ideal bagi dirinya untuk bertarung di Pilpres 2024. 


 

"Juru bicara PKS mengatakan setuju dengan tawaran Nasdem, biar Pak Anies yang menentukan," jelas Hermawi.

“Pak Anies yang paling tahu siapa yang kompatibel dengan beliau,” tambah Hermawi. 

Baca Juga: 3 Syarat Cawapres Anies Baswedan Menurut Sudirman Said, Uang Bukan Salah Satunya

Ia lantas mengungapkan ketika AHY justru setuju dengan sosok cawpres Anies tersebut, bahkan sepakat bahwa itu berarti mungkin bukan dirinya ataupun kader Partai Demokrat lainnya.

“Minggu lalu AHY juga sudah bicara seperti itu. AHY juga mengatakan tidak harus kader partai, tidak harus AHY," jelas dia.

Ia lantas mengatakan, dengan demikian, Koalisi Perubahan dan kerja tim kecil Anies Baswedan sudah makin dekat untuk umumkan sosok Cawapres. 

“Tim kecil ini sudah semakin mengerucut,” kata Hermawi menegaskan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x