Kompas TV nasional rumah pemilu

Punya Anies Baswedan, Demokrat Pede Habis: Parpol yang Masih Galau, Kami Terbuka Terima

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 05:10 WIB
punya-anies-baswedan-demokrat-pede-habis-parpol-yang-masih-galau-kami-terbuka-terima
Anies Baswedan melambaikan tangan kepada para relawan setelah menyampaikan pidato di kantor DPP Partai Demokrat di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). (Sumber: ADRYAN YOGA PARAMADWYA/KOMPAS)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Imbas tiket pencapresan Anies Baswedan yang sudah mencapai 20 persen ambang batas untuk Pilpres 2024, Partai Demokrat kian percaya diri menyongsong Pilpres 2024.

Demokrat pun mengajak partai-partai lain yang masih galau untuk masuk ke Koalisi Perubahan yang diusung pihaknya bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, Koalisi Perubahan masih menyiapkan 'karpet merah' bagi partai politik (parpol) lain bergabung.

“Kalau-kalau ada teman-teman parpol lain yang mungkin masih galau, kami terbuka untuk menerimanya,” ujar Herzaky dalam keterangannya, Rabu (1/2/2023) malam. 

Baca Juga: Anies Baswedan Mendadak ke Solo, Gibran: Acara Internal, Pulang Naik Jet Pribadi

Hal itu disampaikannya menanggapi pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Rabu kemarin. 

Lantas, Herzaky menyampaikan, pertemuan antara jajaran elit NasDem dan Golkar sudah disampaikan pada Demokrat dan PKS.


 

Menurut dia, Demokrat cs dengan Anies Baswedan sebagai poros di Koalisi Perubahan yang memiliki tingkat kepastian tertinggi. 

Beda dengan parpol lain yang masih meraba-raba. Sebab, Anies Baswedan sudah mendapatkan dukungan penuh dari dari NasDem, Demokrat, dan PKS.

“Yang terpenting parpol yang mau bergabung harus menerima karakter perubahan dari koalisi ini. Harus bisa menyesuaikan,” ucap dia.

Baca Juga: Nasdem Selalu Gaungkan Anies Baswedan, Jokowi Disebut Tidak Nyaman

Ia lantas menyampaikan, Demokrat juga bakal membuka komunikasi dengan parpol lain untuk memperkuat Koalisi Perubahan.

“Kami ke depannya juga mungkin saja bersilaturahmi, dan berkunjung ke teman-teman Golkar, atau parpol-parpol lainnya,” kata Herzaky.



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x