Kompas TV regional gaya hidup

Kenapa Kita Tak Boleh Berhenti Belajar?

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 15:00 WIB
kenapa-kita-tak-boleh-berhenti-belajar
Sebagai manusia, kita perlu belajar bisa membawa dampak positif bagi kehidupan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai manusia, belajar adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Berkembangnya zaman membuat manusia harus belajar banyak hal baru. Selalu ada keterampilan baru untuk dipelajari yang berguna bagi kehidupan kita.

Bahkan, pengusaha sekelas Warren Buffet pun menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca dan mencari pengetahuan baru. Mengutip Forbes, hal inilah yang membuat pengusaha terbaik di dunia tidak bertindak seolah-olah mereka tahu segalanya. 

Rudi Hidayat, CEO PT V2 Indonesia, melalui siniar Obsesif bertajuk “Positive Energy and Never-Ending Learning” dengan tautan akses dik.si/ObsesifRudi pun selalu menekankan kepada karyawannya untuk terus belajar hal baru yang mampu meningkatkan kualitas produk-produknya.

Itu sebabnya, kita juga tak mau kalah untuk mengasah kemampuan serta menimba ilmu baru. Mengutip Leader Economics, berikut adalah alasan mengapa kita tak boleh berhenti belajar.

1. Membantu kita menemukan apa yang kita sukai

Sebagian dari kita mungkin sudah memiliki ketertarikan yang menjadi kekuatan diri. Beberapa orang lainnya perlu bereksplorasi sebelum menemukan minat atau hal-hal yang mereka sukai. Melalui belajar, orang-orang seperti ini bisa menemukannya.

Baca Juga: Jangan Takut! Yuk, Berani Maksimalkan Kapasitas Diri

Semakin banyak membaca dan belajar, semakin banyak pula kita mendapat pengetahuan baru. Selain itu, belajar juga membuat kita menjadi sosok yang berani mencoba hal baru sehingga akan ada banyak perspektif yang diperoleh.

2. Memberi kita arti dan tujuan

Saat belajar, kita sedang berproses untuk tumbuh. Dari prosesnya, tak jarang kita memperoleh pemahaman berupa apresiasi dan kegagalan sehingga menambah warna dalam kehidupan.

Kita jadi tahu bahwa kehidupan itu penuh dengan lika-liku. Namun, jika memiliki keinginan dan semangat untuk terus belajar, kita akan menghadapinya dengan optimis sehingga akan menghasilkan proses dan mencapai tujuan akhir yang bermakna.

3. Membuat kita mampu beradaptasi dan berubah

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang mampu beradaptasi dari beribu-ribu tahun yang lalu. Hal ini terjadi karena karunia Tuhan memberikan akal sehingga mereka mampu memecahkan masalah dan beradaptasi.

Begitu pula di zaman modern ini. Ada banyak hal yang memaksa kita terus beradaptasi dengan teknologi. Namun, meski menakutkan, kita pun mampu melalui tantangan itu. Buktinya terlihat dari banyaknya orangtua yang kini juga pandai menggunakan ponsel pintar.

4. Membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik

Belajar bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Jika hasil belajar diaplikasikan dengan baik, tak menutup kemungkinan akan ada kemajuan di berbagai sektor. Hal ini pun akan meningkatkan taraf hidup manusia lainnya.

Baca Juga: Makna Desa yang Menginspirasi Singgih Susilo

Dengan belajar, sikap dan pandangan kita akan terus berkembang. Saat kita memahami dunia, kita pun menjadi semakin efektif dalam memecahkan masalah yang sedang dunia hadapi.

Lantas, bagaimana cara Rudi menginspirasi karyawannya agar tak berhenti belajar?

Dengarkan jawaban lengkapnya dalam siniar Obsesif bertajuk “Positive Energy and Never-Ending Learning” di Spotify. Akses sekarang juga episode ini melalui tautan dik.si/ObsesifRudi

Tak hanya itu, di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk para fresh graduate dan job seeker, loh. Jadi, akses sekarang juga siniar dan playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kamu tak terlewat tiap episodenya!

Ikuti juga siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya.

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x