Kompas TV entertainment lifestyle

Benarkah Sate Kambing Bisa Mengatasi Darah Rendah? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 10:36 WIB
benarkah-sate-kambing-bisa-mengatasi-darah-rendah-ini-penjelasannya
Penjelasan sate kambing apakah dapat mengatasi darah rendah. (Sumber: Sajian Sedap)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak sedikit orang menganggap sate kambing atau olahan daging kambing lainnya bisa mengatasi darah rendah atau hipotensi.

Banyak masyarakat yang sedang menderita tekanan darah rendah dianjurkan segera makan sate kambing agar tensinya naik. 

Pakar gastroenterologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Syam memastikan daging kambing untuk mengatasi darah rendah hanyalah mitos.

Menurutnya, tekanan darah rendah bisa disebabkan berbagai hal, bisa karena perdarahan, kurang minum, kelelahan atau kurang tidur.

Selain itu, kata Ari, tensi yang rendah juga dapat disebabkan karena gangguan pada jantung baik karena kelainan katup atau serangan jantung bahkan gagal jantung.

Baca Juga: Sehat di Tengah Pandemi: Sering Begadang Akibatkan Darah Rendah, Benar?

"Tapi pada sebagian masyarakat tanpa melihat kenapa tensi darahnya rendah langsung mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Kalau tensi turun karena gangguan jantung makan daging kambing justru akan fatal dan memperburuk keadaan," ucap Ari beberapa waktu lalu, dikutip dari Antara.

Lalu, apa saja makanan untuk mengatasi darah rendah?

Melansir rsud.sawahluntokota.go.id, Senin (30/1/2023), berikut beberapa makanan yang baik untuk penderita darah rendah.

1. Bayam

Bayam mengandung zat yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin, apalagi kalau bukan zat besi. Setengah gelas bayam diklaim mengandung sekitar 12 miligram (mg) zat besi. Jumlah ini memenuhi hampir 50 persen dari total kebutuhan zat besi harian bagi tubuh.

Tak hanya itu, bayam juga diperkaya dengan asam folat di dalamnya, yang mana asam folat (vitamin B9) ini berfungsi untuk menambah jumlah sel darah merah.

2. Brokoli

Brokoli juga mengandung zat besi dan asam folat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat harian.

Baca Juga: Sehat di Tengah Pandemi: Anemia di Usia Muda, Bagaimana Penanganannya?

Selain itu, kandungan vitamin C di dalam brokoli juga efektif untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi sehingga mineral ini dapat menjalankan tugasnya dengan optimal.

3. Kacang Hijau

Sayuran ini mengandung zat besi dan asam folat, serta vitamin C yang membantu penyerapan zat besi secara optimal.

Selain ketiga nutrisi dan vitamin di atas, kacang hijau juga diperkaya oleh sejumlah zat bergizi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, dan natrium.

4. Buah Naga

Buah naga diperkaya oleh semua zat yang diperlukan tubuh untuk memaksimalkan produksi sel darah merah, seperti zat besi, fosfor, dan tidak ketinggalan kalium.

5. Kismis

Pada setiap 2/3 gram buah kismis, terdapat kurang lebih 2 gram (gr) zat besi sehingga baik untuk penderita darah rendah.



Sumber : Antara, rsudsawahluntokota.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x