Kompas TV nasional rumah pemilu

Partai Buruh Targetkan 7 Juta Suara dalam Pemilu 2024, Incar 37 Kursi DPR

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 21:35 WIB
partai-buruh-targetkan-7-juta-suara-dalam-pemilu-2024-incar-37-kursi-dpr
Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat memberikan keterangan di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Sumber: KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Buruh menargetkan enam hingga tujuh juta suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Selain itu, partai yang identik dengan warna oranye itu berharap akan mendapatkan 37 kursi di DPR RI.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan pihaknya juga optimistis memenangkan sepuluh calon bupati, wali kota beserta wakil, dan dua calon gubernur.

"Target enam sampai tujuh juta suara, 20 sampai 37 DPR RI, DPRD kabupaten atau kota mendekati 1.000," jelas Said dalam peresmian Posko Orange di Cakung, Jakarta Timur, Minggu (29/1/2023).

Baca Juga: Massa Partai Buruh Unjuk Rasa di Kawasan Monas Tolak Perppu Cipta Kerja, Ini Poin yang Disoroti!

Said melanjutkan siapa saja yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Partai Buruh, bisa mencalonkan diri sebagai wakil dari partai tersebut.

"Sepuluh bupati dan wali kota atau wakilnya, dua gubernur akan kami raih," ungkap Said mantap.

Rapat Kerja Nasional yang diselenggarakan Partai Buruh pada Selasa, 17 Januari 2023 juga mengungkapkan terdapat empat nama rekomendasi calon presiden yang akan diusung oleh partai politik tersebut.

Baca Juga: Ini Empat Capres Rekomendasi Partai Buruh, Tak Ada Nama Prabowo Subianto, Muncul Najwa Shihab

Keempat nama itu adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan, Presiden Partai Buruh Said Iqbal, dan jurnalis senior, Najwa Shihab.

"Untuk nama calon presiden beredar, yaitu Ganjar Pranowo didukung oleh 15 provinsi dan Anies Baswedan 6 provinsi. Untuk calon presiden alternatif Said Iqbal didukung oleh 14 provinsi, Najwa Shihab 3 provinsi," kata Said dalam konferensi pers. 

Sebelumnya diberitakan, Partai Buruh menjadi salah satu partai politik yang telah lolos dan memenuhi syarat verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum.

Penetapan ini tertuang dalam SK KPU Nomor 518 Tahun 2022 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, DPRD, dan Parpol Lokal Aceh Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR Aceh dan Kabupaten/Kota Tahun 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x