Kompas TV internasional kompas dunia

Satelit NASA Temukan 'Wajah Beruang' di Permukaan Planet Mars

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 20:01 WIB
satelit-nasa-temukan-wajah-beruang-di-permukaan-planet-mars
Formasi geologis mirip wajah beruang yang tertangkap kamera satelit NASA di permukaan planet Mars. (Sumber: NASA/JPL-Caltech/UArizona)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kamera yang dipasang di satelit Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan struktur yang mirip wajah beruang di permukaan planet Mars. Foto ini pun menambah deretan penampakan yang familiar dengan manusia di objek luar angkasa yang acak.

Melansir Independent, Jumat (27/1/2023), struktur "wajah beruang" ini terekam oleh kamera resolusi tinggi yang dipasangkan Universitas Arizona AS ke satelit Mars Reconnaissance Orbiter NASA.

"Wajah beruang" itu terdiri dari dua kawah yang menyerupai mata beruang. Di bawah kedua kawah itu, terdapat bagian bukit hancur berbentuk V yang menyerupai moncong.

Baca Juga: Amerika Serikat Kembangkan Roket Bertenaga Nuklir untuk Astronot Mencapai Planet Mars

"Terdapat sebuah bukit dengan struktur kolaps berbentuk V (moncong), dua kawah (mata), dan pola melingkar patah-patah (kepala)," demikian bunyi pernyataan Universitas Arizona.

"Fitur ini agar mirip sebuah wajah beruang," lanjut pernyataan tersebut.

Ilmuwan menyebut pola melingkar itu bisa jadi ditimbulkan oleh endapan di atas kawah yang terkubur. Sedangkan struktur mirip moncong disebut kemungkinan adalah curahan vulkanis atau lumpur.

Ini bukanlah kali pertama formasi geologis aneh yang familiar dengan manusia ditemukan di Mars. Sebelumnya, satelit NASA juga menemukan formasi geologis aneh yang mirip "pintu alien."

Kalangan psikolog dan ahli saraf menyebut fenomena ini disebabkan kecenderungan manusia melihat sesuatu yang bermakna pada objek yang sebenarnya terbentuk secara manasuka.

Baca Juga: Asteroid Seukuran Truk Melintas Sangat Dekat dengan Bumi, Lebih Dekat dari Satelit Geostasioner

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x