Kompas TV nasional rumah pemilu

Safari Politik ke Anak dan Menantu Presiden, Pengamat: Prabowo Ingin dapat Restu Jokowi di Pilpres

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 13:39 WIB
safari-politik-ke-anak-dan-menantu-presiden-pengamat-prabowo-ingin-dapat-restu-jokowi-di-pilpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di acara Indo Defence 2022 Expo & Forum yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Rabu, 2 November 2022. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden-Muchlis Jr )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Pekan ini, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan safari politik ke anak dan menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yaitu Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Hal ini terbilang sebagai gaya baru dari mantan Danjen Kopassus itu dalam berpolitik di Tanah Air. Sebab, biasanya Prabowo itu selalu sebagai tokoh yang dikunjungi. 

Baca Juga: Setelah Dukung Gibran, Kini Prabowo Tawarkan Bobby Maju di Pilgub 2024

Namun, kini Menteri Pertahanan itu memilih untuk menemui para politikus muda yang masih memiliki hubungan darah dengan Presiden Jokowi. 

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan, safari politik itu memiliki tujuan, yakni agar Prabowo direstui Jokowi dalam keputusannya maju sebagai capres di Pilpres 2024. 

"Satu sisi Prabowo memang belakangan begitu mesra dengan Jokowi yang dikaitkan dengan endorsement maju ppilres 2024, pada saat bersamaan Gibran dan Bobby mendapat perhatian serius dari Prabowo," kata Adi kepada Kompas TV, Jumat (27/1/2023). 

Menurut dia, langkah yang dilakukan Prabowo itu merupakan sesuatu yang lumrah terjadi di Indonesia. 


 

"Siapapun elite di negara ini pastinya berlomba-lomba memberikan treatment khusus ke keluarga presiden. Itu yang lazim didapat di negara ini. Bukan hanya Prabowo, tapi banyak elite negara," ujarnya. 

Selain itu, ungkap dia, upaya Prabowo agar mendapatkan dukungan dari Jokowi di pesta demokrasi itu bisa terlihat ketika ia menyatakan dukungan ke Gibran untuk maju di Pilgub 2024. 

Padahal, PDI-P sebagai partai politik (parpol) yang menaungi Gibran hingga kini masih belum menentukan sikap ihwal masa depan politik dari putra sulung Presiden Jokowi tersebut. 

Baca Juga: Gibran Ungkap Syarat Kaesang Maju Pilkada Solo: Sowan FX Rudy

"Gibran mendapat perhatian serius dari Prabowo. Feedback yang saling menguntungkan. Semacam berbalas pantun politik untuk 2024. Bayangkan, PDI-P saja belum menyatakan dukungan ke Gibran maju pilkada 2024, tapi Prabowo secara terbuka mendorong Gibran maju," ujar dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x