Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Amerika Serikat Umumkan Pengiriman 31 Tank M1 Abrams, Duel Tank Rusia dan Barat di Depan Mata

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 04:00 WIB
amerika-serikat-umumkan-pengiriman-31-tank-m1-abrams-duel-tank-rusia-dan-barat-di-depan-mata
Amerika Serikat hari Rabu, (25/1/2023) mengumumkan akan kirim Ukraina 31 tank M1 Abrams dalam hitungan bulan. Sebelumnya Jerman umumkan pengiriman 14 tank Leopard 2A6 serta mengizinkan negara-negara sekutu untuk mengirim tank mereka ke Ukraina, dengan target 2 batalyon tank berjumlah total 62 tank tempur. (Sumber: The Drive)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat akhirnya mengumumkan akan memasok Ukraina dengan 31 tank canggih M1 Abrams. Pengiriman tank tempur akan dilakukan dalam hitungan bulan.

Pengumuman Amerika Serikat itu dipandang sebagai keputusan yang membantu memecahkan kebuntuan diplomatik dengan Jerman mengenai cara terbaik untuk membantu Kiev dalam perangnya melawan Rusia.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan keputusan tersebut dalam sambutannya di Gedung Putih, seperti laporan Associated Press, Kamis (26/1/2023).

Semula Amerika Serikat bersikap dingin terhadap gagasan pengerahan tank Abrams yang sulit dirawat, tetapi pada akhirnya harus mengubah taktik untuk membujuk Jerman agar mengirim tank Leopard 2 yang lebih mudah digunakan ke Ukraina.

Namun, Abrams tidak akan dikirim ke Ukraina dalam waktu dekat. Keputusan AS tersebut mengikuti Jerman yang setuju untuk mengirim 14 tank Leopard 2A6 dari stoknya sendiri. 

Jerman mengatakan tank Leopard tidak akan dikirim kecuali AS menempatkan Abrams di atas meja. Jerman tidak ingin menimbulkan kemarahan Rusia tanpa AS membuat komitmen serupa.

“Ini adalah hasil konsultasi intensif, sekali lagi, dengan sekutu dan mitra internasional kami,” kata Kanselir Olaf Scholz kepada anggota parlemen Jerman. “Itu benar, dan penting bagi kami untuk tidak membiarkan diri kami terdorong untuk mengambil keputusan."

Biden mengatakan sekutu Eropa telah setuju untuk mengirim cukup tank untuk melengkapi dua batalyon tank Ukraina, atau total 62 tank.

“Dengan mendekatnya musim semi, pasukan Ukraina bekerja untuk mempertahankan wilayah yang mereka kuasai dan mempersiapkan serangan balasan tambahan,” kata Biden. 

“Untuk membebaskan tanah mereka, mereka harus mampu melawan taktik dan strategi Rusia yang berkembang di medan perang dalam waktu dekat,” kata Biden.

Baca Juga: Tank Leopard Dikirim ke Ukraina, Rusia Murka: Jerman Lagi-Lagi Tebar Kematian di Front Timur

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menggambarkan niat Jerman dan AS sebagai "rencana yang agak merusak." seraya menekankan, “Saya yakin banyak spesialis memahami absurditas ide ini,” kata Peskov. (Sumber: Straits Times)

Beberapa negara Eropa saat ini menggunakan tank Leopard 2, dan dengan pengumuman Jerman berarti mereka dapat memberikan sebagian dari persediaan mereka ke Ukraina.

Pejabat administrasi senior AS yang memberi pengarahan kepada wartawan tentang keputusan tersebut mengatakan akan memakan waktu berbulan-bulan, bukan berminggu-minggu, untuk pengiriman Abrams dan menggambarkan langkah tersebut dalam hal menyediakan pertahanan jangka panjang Ukraina.

Anggota militer Ukraina akan dilatih menggunakan Abrams di lokasi yang belum ditentukan. Sementara senjata yang sangat canggih dan mahal, Abrams sulit dirawat dan memberikan tantangan pasokan logistik karena menggunakan bahan bakar jet.

Total biaya satu tank Abrams dapat bervariasi, dan bisa lebih dari USD10 juta per tank jika termasuk pelatihan dan pemeliharaan.

Pejabat administrasi senior AS mengatakan Biden telah berbicara dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz beberapa kali bulan ini tentang bantuan ke Ukraina. Dia berbicara lagi pada hari Rabu dengan Scholz serta Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, keduanya merupakan sekutu dekat dalam membantu Ukraina.

“Pengumuman hari ini benar-benar merupakan produk dari percakapan diplomatik yang baik sebagai bagian dari konsultasi rutin dan berkelanjutan kami dengan sekutu dan mitra mengenai bantuan keamanan ke Ukraina,” kata seorang pejabat.

Baca Juga: Jerman Beri Lampu Hijau, Spanyol dan Belanda Langsung Tawarkan Tank Leopard 2 ke Ukraina

Tank Leopard 2A6 sedang stelling tempur. Pemerintah Jerman pada hari Rabu (25/1/2023) resmi menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina, sekaligus memberi izin bagi negara lain untuk mengirimkan tank Leopard 2 mereka ke Ukraina. Menurut berbagai laporan, jenis tank Leopard 2 yang akan dikirimkan ke Ukraina adalah Leopard 2A6. (Sumber: Krauss-Maffei Wegmann)

“Tank tempur utama Jerman, perluasan dukungan pertahanan dan misi pelatihan, lampu hijau bagi mitra untuk memasok senjata serupa. Baru saja mendengar tentang keputusan penting dan tepat waktu ini melalui telepon dengan Olaf Scholz,” tulis Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Twitter. “Dengan tulus berterima kasih kepada kanselir dan semua teman kami di (Jerman).”

Tentara Ukraina di garis depan menyambut baik berita itu, mengatakan keputusan itu datang pada titik kritis.

“Tank akan membantu mengurangi korban di antara tentara kita… Kemudian mendapatkan hasil baru dan memenangkan perang ini lebih cepat,” kata Oleksander Syrotiuk, komandan kompi di Brigade Tank ke-17 yang dikerahkan di Bakhmut.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x