Kompas TV regional berita daerah

Kuliner Nasi Megono Diburu Pemudik Saat Momen Liburan

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 15:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Selain batik, Kota Pekalongan Jawa Tengah memiliki makanan khas yang selalu dirindukan pelancong maupun para pengendara yang melintas di Jalur Pantura yaitu kuliner nasi megono.

Nasi megono merupakan olahan lauk yang terbuat dari cincangan buah nangka muda, kemudian dipadu dengan parutan kelapa serta ditambah kunir dan terasi. Baunya yang menggoda, membuat para penikmatnya ketagihan menyantap makanan yang satu ini. Kuliner khas Pekalongan ini dipadukan dengan berbagai macam lauk pauk seperti opor bebek, pepes ikan, ayam atau bebek goreng, hingga tempe mendoan hangat.

“Kalau kami mudik ke Semaraing pasti kami mampir ke Pekalongan karena nasi megononya enak banget,“ ujar Iwan Setiaji, penikmat nasi megono.

Mahmudi, salah seorang penjual nasi megono menyebut selama liburan Imlek, warungnya selalu ramai. Pemudik dari luar kota yang rindu akan makanan khas Pekalongan membuat omzet penjualannya naik drastis.

“Karena liburan banyak orang mudik jadi ada kenaikan penjualan. Biasanya saya hanya memasak 6 sampai 7 kilogram beras sekarang bisa 12 kilogram,“ kata Mahmudi.

Kota Pekalongan memiliki banyak makanan khas yang nikmat seperti nasi megono sehingga Pekalongan selalu dirindukan.

#kuliner #nasimegono #pekalongan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x