Kompas TV olahraga sepak bola

Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama: Mendiang Ayah Saya Pasti Bangga

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 20:55 WIB
resmi-jadi-wni-shayne-pattynama-mendiang-ayah-saya-pasti-bangga
Shayne Pattynama saat menjalani sumpah setia kepada NKRI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai mengabil sumpah di Kantor Wiayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (24/1/2023). 

Pesepakbola yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah itu juga resmi dapat membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang bergulir Juni mendatang. 

Pasca resmi menjadi WNI, pemain klub Norwegia Viking FK itu mengaku sangat senang. 

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu juga yakin mendiang ayahnya akan bangga dengan keputusannya menjadi WNI. 

“Saya sangat senang dan bangga akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia," kata Shayne dikutip dari Tribunnews. 

Baca Juga: Pesepak Bola Shayne Pattynama Lakukan Pengambilan Sumpah Jadi WNI Selasa 24 Januari 2023

"Saya ingin berterima kasih kepada Ketua Umum PSSI yang selalu memberikan bantuan, saya sangat mengapresiasinya. Saya juga ingin berterima kasih kepada pak Hamdan atas semua bantuan dan dukungan."

“Saya sangat bahagia dan bangga jadi WNI sekarang dan mendiang ayah saya di sana pasti tengah melihat saya dan bangga bahwa saya sudah jadi WNI,” sambungnya.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat membantu proses naturalisasi Shayne. 

Setelan sah menjadi WNI, pemain kelahiran Belanda 24 tahun tersebut giliran akan membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Paspor serta mengurus perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI.

Baca Juga: Pada Bahasan Shayne Pattynama, Menpora: Naturalisasi Jangka Pendek, Pembinaan Tetap Utama

“Sore hari ini Shayne Pattynama telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah diambil sumpahnya," papar Iwan Bule.

"Alhamdulillah, kami mengucap syukur atas bantuan semuanya. Terima kasih kepada Bapak Presiden juga kepada DPR, Komisi III dan X, kepada Menteri Pemuda dan Olahraga dan semua,” imbuhnya. 

Iwan Bule juga menjelaskan bahwa Shayne akan langsung mengurus KTP dan passport besok Rabu (25/1). Kemudian, pada Kamis (26/1) Shayne harus kembali ke Norwegia untuk membela Viking FK. 

Selanjutnya, PSSI akan bersurat kepada FIFA untuk mengurus pergantian federasi Shayne, sehingga sang pemain dapat segera bermain untuk Timnas Indonesia. 

 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x