Kompas TV regional berita daerah

Peran Panwaslu Muda Kawal Pemilu 2024

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 11:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mendekati masa pemilu, perlu adanya informasi yang lebih masif kepada khalayak publik mengenai pemilu yang jujur dan adil. Untuk itu peran panitia pengawas pemilu (Panwaslu) terutama dari generasi muda menjadi sangat penting. Anak muda yang masih memiliki idealisme tinggi dan melek teknologi diharapkan dapat mengemban tugas Panwaslu dengan baik dan optimal.

Ada banyak generasi muda yang masih bersemangat dan ingin terlibat dalam pesta demokrasi, salah satunya adalah Mariska Bunga Chairunisa. Semangatnya untuk bergabung menjadi anggota Panwaslu ia tunjukkan sejak dilantik menjadi anggota Panwaslu tingkat kecamatan sejak Oktober 2022 lalu.

Perempuan yang biasa disapa Bunga ini mengemban tugas dalam divisi hukum pencegahan partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat. sehari-hari ia harus hadir ke Kantor Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah untuk melakukan koordinasi, sosialisasi, dan kewajiban lainnya sebelum menghadapi Pemilihan Umum 2024 nanti.

Ia mengaku, ini adalah kali pertamanya dalam menjadi anggota Panwaslu tingkat kecamatan. Baginya bergabung ke dalam organisasi ini bukan hal yang mudah, namun memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah membangun komunikasi yang baik antar generasi.

“Saya merasa sebagai anak muda ingin ikut berkontribusi dengan jalannya pesta demokrasi, dimulai dari lingkup yang kecil yaitu kecamatan,“ kata Bunga.

Peran Panwaslu muda dirasa lebih optimal terutama dalam hal membangun komunikasi partisipatif, anak muda dirasa lebih mudah membaur dan masuk ke dalam berbagai komunitas yang ada di Kota Semarang.

“Kami sangat mengapresiasi minat dan keinginan untuk menambah pengalaman dalam membangun demokrasi yang harapannya akan menjadi lebih baik khususnya di Kota Semarang,“ ujar Arief Rahman, Ketua Bawaslu Kota Semarang

Melihat kemajuan teknologi yang begitu pesat, generasi muda lebih unggul dalam memanfaatkan kemajuan teknologi guna mensosialisasikan Pemilu 2024 yang jujur dan adil, serta melakukan pengawasan jalannya Pemilu 2024 yang demokratis.

#panwaslu #generasimuda #pemilu2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x