Kompas TV nasional kriminal

Kriminolog UI Cium Aroma Pesugihan jadi Motif Kuat Wowon cs Bunuh 9 Orang, Ada Bukti Jimat

Kompas.tv - 21 Januari 2023, 08:24 WIB
kriminolog-ui-cium-aroma-pesugihan-jadi-motif-kuat-wowon-cs-bunuh-9-orang-ada-bukti-jimat
Kolase tiga tersangka pembunuhan berencana di Bekasi dan Cianjur, Dede Solehudin (kiri), Wowon Erawan (tengah), dan Solihin alias Duloh (kanan). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala mencium aroga persugihan menguat dan jadi motif utama dalam serial killer atau pembunuhan berantai yang dilakukan Wowon Erawan, Dede Solehudi dan Solihin alias Duloh. 

Buktinya, kata Adrianus, korban-korban pembunuh berantai di Cianjur dan Bekasi yang belakangan ditemukan polisi, motifnya bukan sekadar mendesak soal finansial. 

Ia menyebut, pembunuhan keluarga di Bekasi dengan racun, lalu sejumlah pembunuhan berantai di Cianjur beda prosesnya.

"Dari segi motif, di Cianjur tutup mulut untuk janji. di Bekasi untuk membungkam yang tahu. Lalu, menurut saya, ada motif pesugihan," jelasnya di Sapa Pagi Kompas TV, Sabtu (21/1/2023). 

"Itulah kenapa ada korbannya anak-anak sebagai tumbal bagi meningkatnya daya supranatural mereka," sambung Adrianus.

Baca Juga: Detik-detik Penangkapan Wowon dan Solihin, Pelaku 'Serial Killer' Bekasi-Cianjur

Ia lantas menjelaskan, dalam konsep tumbal pesugihan di kasus serial killer Wowon cs ini, tumbal ini memang diperuntukkan untuk keluarga dekat. 

"Konsepsi tumbal, yang ditumbalkan bukanlah harga tidak berhaga, tapi harga paling berharga. Dalam konsepsi kita kan keluarga ini harta berharga, begitu halnya korban yang lain," jelasnya. 

Ia lantas yakin, motif pesugihan jadi motif terkuat pembunuhan berantai Wowon cs. 

"Saya ingin eksplorasi nanti, kalau fakta terungkap lagi. Sebenarnya, faktor mendesak seperti apa sih, keluarga dekatnya sendiri ahrus dibunuh dengan cara itu?" ungkapnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x