Kompas TV regional berita daerah

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Penyu

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 13:08 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

JEMBRANA, KOMPAS TV - Inilah 43 penyu jenis penyu hijau berbagai ukuran yang diamankan petugas TNI AL Gilimanuk diperairan Selat Bali.

Puluhan biota laut yang dilindungi undang-undang ini diamankan petugas pos TNI AL Gilimanuk saat melaksanakan patroli.

Petugas yang mencurigai adanya perahu dengan aktifitas yang mencurigakan kemudian melakukan penggerebekan.

Saat didekati petugas, puluhan pelaku yang saat itu menurunkan penyu dari perahu ke darat kabur dengan loncat ke laut dan melarikan diri menuju daratan meninggalkan perahu penuh penyu dan beberapa penyu didarat yang sudah sempat diturunkan dari perahu oleh para pelaku.

Danlanal Denpasar Bali, Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo  mengaku, akan terus memburu para pelaku penyelundupan penyu yang kabur ini dengan melibatkan Sat Pol Air Polres Jembrana. Selain mengamankan puluhan ekor penyu, petugas juga mengamankan tiga mesin perahu beserta tangki minyaknya, jaket pelampung serta dua perahu.

Setelah diamankan, puluhan penyu ini nantinya diserahkan ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Bali untuk selanjutnya akan diobservasi di penangkaran penyu Banyuwedang, Buleleng, lantaran ditemukan ada beberapa penyu yang sakit.

Saat diukur petugas, ukuran karapas penyu terbesar dari 43 penyu tersebut mencapai lebih dari satu meter, dan ter kecil mencapai 49 centimeter. Umur penyu-penyu yang diamankan petugas TNI AL Gilimanuk ini antara 5 sampai yang terbesar diperkirakan mencapai 40 tahun.

 

 

 

 

 

 

# TNIALGilimanuk   #penyelundupanpenyu    #gilimanuk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x