Kompas TV internasional kompas dunia

Pakistan Bongkar Sindikat Perdagangan Organ Tubuh, Ginjal yang Diincar, Segini Harganya

Kompas.tv - 14 Januari 2023, 06:30 WIB
pakistan-bongkar-sindikat-perdagangan-organ-tubuh-ginjal-yang-diincar-segini-harganya
Korban perdagangan organ tubuh di Afghanistan yang bertetangga dengan Pakistan. Polisi di Pakistan hari Jumat (13/1/2023) mengatakan mereka membongkar jaringan perdagangan organ tubuh. (Sumber: France24/Wakil Kohsar)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LAHORE, KOMPAS.TV - Polisi di Pakistan hari Jumat (13/1/2023) mengatakan mereka membongkar jaringan perdagangan organ tubuh ketika seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang hilang ditemukan di laboratorium bawah tanah setelah ginjalnya diangkat.

Kelompok tersebut memikat korban usia muda yang rentan dengan janji pekerjaan yang menguntungkan dan pembayaran besar sebelum mengambil organ mereka, terutama ginjal.

Organ tubuh yang diambil kemudian dijual hingga 900.000 rupee atau sekitar Rp167 juta.

"Baru setelah kami mengikuti bukti dan petunjuk, kami menemukan ada operasi perdagangan organ di balik hilangnya bocah itu," Rehan Anjum, juru bicara kepolisian Punjab, seperti dikutip Straits Times, Jumat (13/1/2023). )

Enam orang ditangkap dalam peristiwa tersebut.

“Bocah itu memberi tahu kami bahwa ketika dia bangun, ada seorang pria Arab ditandu di sebelahnya, jadi kami pikir sebagian besar kliennya adalah orang asing,” kata Anjum.

Baca Juga: 2 Remaja Bunuh Bocah SD Tergiur Jual Organ, Ini Hukum Pidana Melarang Jual Beli Organ Tubuh Manusia

Polisi di Pakistan hari Jumat (13/1/2023) mengatakan mereka membongkar jaringan perdagangan organ tubuh. (Sumber: France24/Wakil Kohsar)

Para korban geng dibawa ke laboratorium pengujian medis yang digunakan untuk operasi transplantasi organ rahasia di kota garnisun Rawalpindi, dekat ibu kota Islamabad.

Fasilitas untuk operasi rahasia semacam itu di Pakistan seringkali tidak memiliki peralatan dan standar medis yang layak, dan akibatnya pasien diketahui meninggal karena komplikasi.

"Saya bersyukur polisi menemukannya hidup, jika tidak, mereka membiarkannya mati," kata ayah bocah itu seperti dikutip Straits Times di Lahore, dari mana bocah itu hilang.

Polisi mengatakan para dokter dan ahli bedah yang terlibat dalam operasi itu belum terlacak.

Pakistan melarang perdagangan komersial organ manusia pada tahun 2010. 

Bersama pelarangan, Pakistan memberlakukan hukuman penjara hingga 10 tahun dan denda dengan harapan membatasi penjualan organ ke klien luar negeri yang kaya oleh perantara melalui cara eksploitatif.


 

 



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x