Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Jerman Didesak Tingkatkan Pengiriman Bantuan Senjata ke Ukraina, Scholz Pilih Hati-Hati

Kompas.tv - 14 Januari 2023, 02:05 WIB
jerman-didesak-tingkatkan-pengiriman-bantuan-senjata-ke-ukraina-scholz-pilih-hati-hati
Jerman akan terus menimbang setiap langkah dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan sekutunya soal pengiriman senjata lebih lanjut ke Ukraina, kata Kanselir Olaf Scholz Jumat, (13/1/2023) (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV — Jerman akan terus "menimbang setiap langkah dengan hati-hati" dan berkonsultasi dengan sekutunya soal pengiriman senjata lebih lanjut ke Ukraina, kata Kanselir Olaf Scholz, Jumat (13/1/2023).

Pernyataan itu dilontarkan Scholz saat dia menghadapi tekanan yang meningkat untuk menyetujui Jerman membuat tank tempur untuk Kiev, seperti laporan Associated Press.

Jerman telah memberikan bantuan militer yang substansial kepada Ukraina sejak serangan Rusia, termasuk howitzer, senjata anti-pesawat self-propelled Gepard dan yang pertama dari empat sistem rudal permukaan-ke-udara IRIS-T.

Pekan lalu, diumumkan mereka akan mengirim 40 pengangkut personel lapis baja Marder, sebuah langkah yang datang bersamaan dengan langkah serupa oleh Amerika Serikat (AS) dan Prancis – dan juga baterai rudal pertahanan udara Patriot.

Tetapi para kritikus, beberapa orang di dalam koalisi pemerintahan Jerman, telah lama mengeluhkan keragu-raguan yang dirasakan Scholz untuk mengambil langkah selanjutnya dalam hal pengiriman senjata.

Scholz mewaspadai tekanan semacam itu, bersikeras Jerman tidak akan melakukannya sendiri dengan pengiriman seperti itu. Scholz menunjuk pada kebutuhan untuk memastikan bahwa NATO tidak menjadi pihak dalam perang dengan Rusia.

Keputusan tentang pengiriman APC Marder disambar para pendukung domestik dengan desakan untuk memasok tank tempur Leopard 2 yang lebih berat.

Ada juga tekanan dari luar negeri: Presiden Polandia hari Rabu mengatakan negaranya ingin mengirim satu kompi tank Leopard yang berjumlah 14 tank ke Ukraina. Tetapi, langkah itu hanya mungkin dilakukan sebagai elemen dalam koalisi bantuan tank internasional yang lebih besar.

Baca Juga: Giliran Jerman akan Kirim Tank Angkut Pasukan dan Sistem Rudal Pertahanan Udara Patriot ke Ukraina

Tank pertahanan udara Gepard buatan Jerman yang diberikan kepada Ukraina. Jerman akan terus menimbang setiap langkah dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan sekutunya soal pengiriman senjata lebih lanjut ke Ukraina, kata Kanselir Olaf Scholz, Jumat (13/1/2023). (Sumber: Ukraine Army)

Warsawa juga membutuhkan izin Jerman untuk mengirimkan kendaraan buatan Jerman tersebut.

Pada Kamis, Wakil Kanselir Jerman Robert Habeck, yang bukan anggota partai Scholz, mengatakan negara mereka "tidak boleh menghalangi jika negara lain membuat keputusan untuk mendukung Ukraina, terlepas dari apa pun keputusan yang diambil Jerman."

Ditanya hari Jumat apakah Jerman sekarang siap memasok tank Leopard 2 ke Ukraina, Scholz tidak secara khusus membahas kendaraan khusus tersebut.

Dia menanggapi dengan daftar panjang materi yang disampaikan Jerman dalam koordinasi dengan sekutu, dan mengatakan Berlin akan mempertahankan "posisi terdepan" sebagai salah satu pendukung utama Kiev.

Tapi Scholz mengisyaratkan dia tidak berniat terburu-buru pada "hal-hal serius yang berkaitan dengan perdamaian dan perang, dengan keamanan negara kita dan Eropa."

“Kami selalu bertindak dalam konsultasi yang erat dan menimbang setiap langkah dengan hati-hati,” kata Scholz. Dia bersikeras mayoritas di Jerman mendukung pengambilan keputusan yang "tenang, dipertimbangkan dengan baik, dan hati-hati" oleh pemerintahnya.


 

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x