Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Giliran Jerman akan Kirim Tank Angkut Pasukan dan Sistem Rudal Pertahanan Udara Patriot ke Ukraina

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 06:12 WIB
giliran-jerman-akan-kirim-tank-angkut-pasukan-dan-sistem-rudal-pertahanan-udara-patriot-ke-ukraina
Pemerintah Jerman akan memasok Ukraina dengan kendaraan tempur tank ringan pengangkut personel lapis baja Marder dan baterai rudal pertahanan udara Patriot, kata pemerintah Jerman hari Kamis, (5/1/2023) (Sumber: The Drive)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

BERLIN, KOMPAS.TV — Pemerintah Jerman akan memasok Ukraina dengan kendaraan tempur tank ringan pengangkut personel lapis baja bernama Marder dan baterai rudal pertahanan udara Patriot.

Seperti laporan Associated Press, Jumat (6/1/2023), pengumuman itu dibuat setelah Kanselir Olaf Scholz berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Keputusan Jerman memasok pengangkut personel lapis baja Marder muncul setelah Prancis mengatakan akan segera mengadakan pembicaraan dengan Ukraina untuk mengatur pengiriman kendaraan tempur lapis baja AMX-10 RC.

Kepresidenan Prancis mengatakan ini akan menjadi pertama kalinya jenis penghancur tank beroda buatan Barat ini akan diberikan kepada militer Ukraina.

Pemerintah Jerman tidak merinci berapa banyak APC Marder yang akan dipasok atau kapan. Dikatakan Jerman akan melatih pasukan Ukraina untuk senjata-senjata tersebut.

Pernyataan itu mencatat bahwa AS bulan lalu mengumumkan akan memberikan baterai rudal pertahanan udara Patriot ke Ukraina dan mengatakan Jerman akan bergabung dengan Amerika Serikat dalam memasok baterai pertahanan udara Patriot tambahan ke Ukraina.

Baca Juga: Prancis Berikan Tank Tempur Ringan, Ukraina Girang tapi Tetap Minta Tank Berat

Tank ringan Prancis AMX-10 RC. Prancis hari Kamis, (5/1/2022) memastikan segera memberikan armada tank ringan beroda AMX-10 RC kepada Ukraina, tank ringan pertama yang diterima Ukraina dari Barat.  (Sumber: Deutsche Welle)

Namun pemerintah Jerman tidak menentukan jangka waktu kapan senjata-senjata itu akan dikirim ke Ukraina.

Jerman mengirimkan bantuan militer yang signifikan ke Ukraina, termasuk senjata anti-pesawat self-propelled Gepard dan yang pertama dari empat sistem rudal permukaan-ke-udara IRIS-T.

Meski begitu, Scholz menghadapi tekanan di dalam negeri untuk menawarkan lebih banyak, termasuk kendaraan Marder.


 

Pemimpin Jerman itu juga menghadapi seruan dari Ukraina dan beberapa anggota parlemen di dalam negeri untuk mengirimkan tank Leopard 2 ke Ukraina.

Namun sejauh ini pemerintah Jerman mengatakan mereka tidak akan melakukannya sendiri karena tidak ada negara lain yang memasok peralatan Barat yang serupa.

Pernyataan hari Kamis tidak menyebutkan tank-tank itu.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x