Kompas TV nasional rumah pemilu

Pakar Politik UGM Sebut PDIP bakal Usung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024, Ini Alasannya

Kompas.tv - 12 Januari 2023, 16:59 WIB
pakar-politik-ugm-sebut-pdip-bakal-usung-ganjar-pranowo-sebagai-capres-2024-ini-alasannya
Acara bincang politik Pojok Bulaksumur UGM membahas persiapan politik menjelang Pilpres 2024 di Yogyakarta, Kamis (12/1/2023). (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Mada Sukmajati, menilai PDI Perjuangan atau PDIP, bakal mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Sekalipun, sampai saat ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum mengumumkan secara resmi capres yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

Menurut Mada, Megawati dalam pidato HUT ke-50 PDIP secara tersirat sudah menyampaikan siapa yang akan diusung.

“Soal petugas partai, Megawati sudah menyampaikan dari kader sendiri, ini mengerucut,” ujarnya, dalam bincang politik kegiatan rutin Pojok Bulaksumur UGM di Yogyakarta, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: HUT PDIP Tabur Sinyal Soal Capres, Charta Politika: Spekulasi Mbak Puan atau Mas Ganjar, tapi...

Artinya, kata dia, ada kemungkinan PDIP mencalonkan salah satu dari dua nama kader yang saat ini muncul, yakni Ganjar dan Puan Maharani.

Sementara nama Megawati tidak muncul karena bukan termasuk dalam kader PDIP, melainkan pemimpin.

Mada juga memberikan analisis berdasarkan kalkulasi rasional jika PDIP tidak mencalonkan Ganjar Pranowo.

Menurutnya, ada banyak harga yang harus dibayar apabila partai berlambang banteng moncong putih itu tidak mencalonkan gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Efeknya ke pemilihan legislatif (pileg), seperti pemilihan sebelumnya, kesempatan untuk memilih PDI Perjuangan dalam pileg lebih besar karena kesempatan orang memilih Jokowi kemungkinan besar juga memilih PDI Perjuangan,” ucapnya.

Ia berpendapat mencalonkan Puan sebagai capres 2024 dari PDIP berarti menghadapi pertaruhan yang besar karena bisa berimplikasi terhadap perolehan suara partai dalam pileg.

Baca Juga: Kena Sindir Megawati, Grace Natalie: Dukungan ke Ganjar Bukan Berarti PSI Ambil Kader PDIP

“Seorang Megawati yang sudah sangat matang dalam politik pasti sudah menghitung soal ini, dengan belum mengumumkan nama, menjadi sinyal Megawati memberi kesempatan Ganjar untuk membuktikan diri dia layak,” tutur Mada.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x