Kompas TV nasional hukum

Chuck Putranto Mengaku Lihat Hendra Kurniawan Disusul Arif Rachman Keluar dari Ruangan Ferdy Sambo

Kompas.tv - 12 Januari 2023, 14:24 WIB
chuck-putranto-mengaku-lihat-hendra-kurniawan-disusul-arif-rachman-keluar-dari-ruangan-ferdy-sambo
Terdakwa kasus obstruction of justice terkait kematian Brigadir J, Hendra Kurniawan, saat membacakan aturan penyelidikan Propam Polri ketika menjadi saksi di sidang Irfan Widyanto, Jumat (16/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Chuck Putranto mengaku melihat Hendra Kurniawan bersama Arif Rachman Arifin keluar dari ruangan Ferdy Sambo pada 13 Juli 2022.

Digambarkan Chuck, Hendra menggunakan baju berwarna hitam pada saat keluar dari ruang Ferdy Sambo bersama Arif yang terlihat murung dan mengernyitkan dahi.

Hal tersebut diungkapkan Chuck saat menjadi saksi dalam sidang kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice untuk terdakwa Arif Rachman Arifin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2023).

“Seingat saya warna hitam (Hendra Kurniawan menggunakan baju warna hitam disusul Arif Rachman Arifin keluar dari ruangan Ferdy Sambo, -red),” ucap Chuck Putranto.

“Tadi sudah saya sampaikan, biasanya kan Bang Arif orangnya, tipikalnya, orang murah senyum, tapi begitu keluar dari situ (ruangan Ferdy Sambo, red) keadaannya beliau panik, alisnya mengerut."

Baca Juga: Karakter Ferdy Sambo Dibongkar Chuck Putranto: Kalau Tegur Tidak Lihat Tempat, Selalu Pakai 'Awas'

Dalam sidang kasus perintangan penyidikan sebelumnya, Ferdy Sambo saat menjadi saksi membantah Hendra Kurniawan turut serta dengan Arif Rachman Arifin menemui dirinya di ruangan pada 13 Juli 2022.

Ferdy Sambo mengaku, Arif hanya datang seorang diri untuk melaporkan bahwa rekaman CCTV pos satpam Duren Tiga menunjukkan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, masih hidup.

Tapi, Arif menyanggah keterangan Ferdy Sambo dan blak-blakan mengatakan bekas Kadiv Propam Polri tersebut punya strategi untuk menyelamatkan Hendra dari kasus perintangan penyidikan.

Strategi itu, kata Arif, disampaikan Ferdy Sambo saat sidang komisi etik yang digelar institusi Polri pada 2 September 2022 lalu.

“Tanggal 2 September 2022, Yang Mulia, Pak Ferdy Sambo ini pada saat sidang kode etik memanggil saya, pada saat istirahat dan meminta saya untuk mengikuti kronologis BAP-nya Ferdy Sambo dengan alasan, dalam penyampaiannya ke saya, 'Rif.. kita harus jaga senior kamu, Hendra Kurniawan, karena kariernya sudah bagus di Brigjen,'” ungkap Arif, Kamis pekan lalu.

Baca Juga: Arif Bongkar Strategi Ferdy Sambo Selamatkan Hendra Kurniawan: Dia Minta Ikuti Kronologi BAP-nya

Tidak hanya menyampaikan hal tersebut, Arif menuturkan, Ferdy Sambo juga mengiming-iminginya bisa selamat jika mengikuti kronologi BAP-nya.

Namun, sambung Arif, saat itu dirinya dengan tegas menolak permintaan Ferdy Sambo itu.

“Jadi kalau dia (Hendra Kurniawan) selamat, kamu (Arif) pasti selamat, jadi sudah ikuti saja, ikuti saja BAP saya,” ucap Arif meniru perkataan Ferdy Sambo kepadanya.

“Tapi saya nyatakan, 'Tidak bisa, komandan. Mohon maaf.' Itu sanggahan saya, Yang Mulia,” tambah Arif.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x