Kompas TV entertainment selebriti

Venna Melinda Laporkan Suami Atas Kasus Dugaan KDRT, Adakah Solusi dan Langkah Preventifnya?

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 19:23 WIB
venna-melinda-laporkan-suami-atas-kasus-dugaan-kdrt-adakah-solusi-dan-langkah-preventifnya
Beredar foto Venna Melinda dengan hidung mengalir darah diduga karena mengalami KDRT dari Ferry Irawan. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Venna Melinda melaporkan suaminya, Ferry Irawan karena diduga melakukan (kekerasan dalam rumah tangga) KDRT di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Kediri Kota, Minggu (8/1/2023).

Diberitakan, Ferry diduga melakukan KDRT terhadap Venna di sebuah kamar hotel di Kota Kediri, Jatim, Minggu. Peristiwa, terjadi di dalam kamar, sehingga tak ada saksi yang melihat kejadian tersebut.

Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jawa Timur AKBP Hendra Eko Triyulianto mengatakan pendarahan di hidung Venna diakibatkan karena Ferry menekan hidung sang istri.

"Kalau dari keterangan korban dia ditekan sama kepalanya terlapor, menekan hidungnya sampai berdarah. Pakai kepala. Ditekan bukan dibenturkan," ujarnya.

Lantas, bagaimana komnas perempuan dan konsultan perkawinan melihat kasus KDRT tersebut?

Komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin mengatakan, tindakan yang dilakukan Venna Melinda untuk melaporkan tindakan KDRT yang diterimanya sudah tepat.

“Berarti dia punya keberanian untuk melaporkan dan mentalnya kuat siap untuk segala risiko,” ujarnya kepada Kompastv saat dihubungi Selasa (10/1/2023).

Menurutnya, korban KDRT bisa mengambil langkah untuk mendapatkan konseling atau langsung proses hukum dengan melaporkan ke pihak kepolisian.

“Penting konseling itu. Banyak korban KDRT yang ke Komnas Perempuan lebih membutuhkan konseling terlebih dahulu. Banyak yang akhirnya juga enggak mau ke proses hukum dahulu dan milih konseling,” ungkapnya.

Baca Juga: Venna Melinda Minta Tolong Hotman Paris soal Kasus KDRT Ferry Irawan, Ungkap Kondisinya

Tindakan Preventif Hindari KDRT

Kasus KDRT secara umum, lanjutnya, sebagaimana psikopat sangat sulit untuk melakukan tindakan preventif. Namun yang bisa dilakukan, saat itu juga ketika kita mengalami KDRT atau mencurigai akan adanya tindakan kekerasan, bisa berjaga-jaga dengan beberapa langkah.

Pertama, menurut Mariana adalah menjaga diri kita sendiri. “Kita harus punya nomor telepon orang yang bisa diminta tolong atau nomor untuk melapor. Kita harus punya teman yang bisa kemungkina siap membantu kita,” sebutnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x