Kompas TV nasional kriminal

Waspada! Komplotan Polisi Gadungan di Jakarta Rampas Motor, Incar Pengendara yang Masih Anak-anak

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 18:02 WIB
waspada-komplotan-polisi-gadungan-di-jakarta-rampas-motor-incar-pengendara-yang-masih-anak-anak
Pelaku curanmor bermodus polisi gadungan di Tambora, Jakarta Barat ditangkap pada Kamis (5/1/2023). (Sumber: Istimewa via Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak kepolisian menangkap lima polisi gadungan yang melakukan pencurian sepeda motor di wilayah Tambora, Jakarta Barat.

Kelima pelaku yang ditangkap polisi itu masing-masing berinisial FF (22), DDW (22), DKP (20), HE (34), dan MAN (24).

Baca Juga: Akibat Sering Peras Warga, 3 Polisi Gadungan di Mojokerto Babak Belur Dihajar Massa

Mereka ditangkap di wilayah Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (3/1/2022) dan Rabu (4/1/2022).

Kanit Reskrim Polsek Tambora Iptu Rizky Ari Budianto mengungkapkan, modus yang digunakan kelima pelaku dalam melancarkan aksi adalah dengan berpura-pura menjadi anggota polisi.

Kemudian mereka akan memberhentikan pengendara motor yang yang dianggap melakukan pelanggaran lalu lintas karena mengebut, tidak pakai helm, dan tidak menggunakan masker.

Menurut Rizky, para pelaku mengincar anak di bawah umur yang belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). Hal itu diketahui dari para korban yang melapor rata-rata adalah anak-anak.

Baca Juga: Polisi Gadungan Tipu Pemotor dengan Modus Tahan SIM-STNK, Berakhir Ditangkap Petugas

Karena alasan pelanggaran itulah, kata Rizky, komplotan tersebut melakukan tindakan penilangan dan mengancam akan membawa korban ke kantor polisi.

"Modus mereka pura-pura jadi polisi dari Polsek Tambora, memberhentikan pengendara motor di jalan," kata Rizky kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Untuk meyakinkan para korbannya, Rizky menuturkan, para pelaku mengenakan kaos bertuliskan Bareskrim Polri dan sebuah lencana kewenangan Reserse Polri.

"Para pelaku bermodal kaos bertuliskan Bareskrim Polri dan satu buah lencana kewenangan Reserse Polri, memaksa korban untuk ikut para pelaku menuju Polsek Tambora," tuturnya.

Baca Juga: Seorang Anggota Polda Metro Jaya dan 6 Polisi Gadungan Nyaris Dikeroyok Warga Banten



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x