Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Vietnam Takut Main di GBK, Presiden Federasi sampai Minta Tolong FIFA dan AFC

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 10:19 WIB
timnas-vietnam-takut-main-di-gbk-presiden-federasi-sampai-minta-tolong-fifa-dan-afc
Stadion GBK saat laga Piala AFF 2022, nantinya akan ada laga Indonesia vs Vietnam Jumat (6/1/2023). (Sumber: KOMPAS.com/Ahmad Zilky)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

VIETNAM, KOMPAS.TV - Timnas Vietnam dikabarkan ketakutan dan waspada penuh ketika hendak bemain di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Laga Indonesia vs Vietnam bakal digelar besok, 6 Januari 2026. 

Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Tran Quoc Tuan, sampai harus meminta bantuan FIFA dan AFC di laga Semifinal Piala AFF 2022 soal main di kandang timnas itu.  

Apalagi, lagi Indonesia vs Vietnam ini diprediksi bakal dihadiri lebih dari 50 ribu suporter seperti halnya timnas melawan Thailand.

Ditambah, di laga melawan Thailand ada penghadangan dan pelemparan batu terhadap bus lawan saat hendak memasuki GBK yang dilakukan oleh sejumlah suporter fanatik Timnas Indonesia.  

“Mengenai keamanan tim ketika bermain di tempat yang rawan seperti Indonesia, saya meminta AFF untuk mengundang ahli FIFA, bersama dengan pekerjaan keamanan," kata Presiden VFF, Tran Quoc Tuan, dilansir dari Bolasport. 

"Saya harap tim kami terlindungi dengan baik," tambahnya. 

Baca Juga: Timnas Vietnam Dijaga Sangat Ketat Polisi, dari Hotel Sampai Masuk GBK di Laga Semifinal AFF 2022

Dalam laporan media Vietnam Zingnews, keputusan minta tolong ke FIFA dan AFC ini diambil federasi mereka usai berdiskusi dengan pelatih mereka Park Hang-seo.

Bahkan, federasi sudah meminta perlindungan ke kedutaan Vietnam, AFC dan FIFA jika terjadi hal yang tidak diinginkan.


 

"Saya telah mengirim dokumen ke kedutaan Vietnam untuk mendukung dampak dan menyebarluaskan rekan kami untuk mengambil tindakan perlindungan," papar Tran Quoc Tuan.

Hal ini, kata dia, adalah keputusan dirinya dan federasi yang ternyata sudah dibuat sejak 1 Januari 2022. 

"AFF perlu mengundang dua lagi pengawas pertandingan dari AFC dan FIFA untuk memastikan terselenggaranya babak semifinal," tambahnya. 

Baca Juga: Mulut Besar Park Hang Seo: Sejak Saya Melatih Vietnam, Tidak Pernah Kalah dari Indonesia

Ia juga menyebut, pihaknya sempat mengalamai kendala saat ke Jakarta, namun sudah teratas. Kendala itu terkait visa staf pelatih yang berpaspor Korea Selatan.

"Namun, kami segera mengatasinya dengan menelpon pihak kedutaan dan perwakilan AFF untuk meminta bantuan," ujarnya.

Usai laga Indonesia vs Vietnam di GBK, Timnas Indonesia sendiri bakal melawat ke Vietnam  di leg kedua Semifinal Piala AFF 2022, Senin 9 Januari 2022 pekan depan. 



Sumber : Kompas TV/Bolasport/Zingnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x