Kompas TV olahraga sepak bola

Tatap Semifinal Piala AFF, Shin Tae-yong Tak Ingin Kecewakan Suporter Timnas

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 05:39 WIB
tatap-semifinal-piala-aff-shin-tae-yong-tak-ingin-kecewakan-suporter-timnas
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) dan penyerang sayap skuadnya Egy Maulana Vikri. (Sumber: ANTARA/Michael Siahaan)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

MANILA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku tidak ingin mengecewakan suporter dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno pada 6 Januari 2023 mendatang. 

"Saya akan menyiapkan tim dengan baik agar tidak mengecewakan suporter," ujar Shin dalam konferensi pers usai pertandingan terakhir Grup A Piala AFF 2022 kontra Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1), dikutip dari Antara.

Pelatih asal Korea Selatan itu sangat kecewa dengan hasil-hasil yang didapat Marselino Ferdinan dan kolega selama fase penyisihan grup. 

Baca Juga: Hasil Filipina vs Indonesia 1-2: Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF sebagai Runner-up Grup A

Salah satu kekecewaan terbesar adalah soal penyelesaian akhir penggawa timnas yang masih buruk. 

"Saya kecewa dengan semua pertandingan di Grup A termasuk hari ini (saat melawan Filipina-red). Namanya sepak bola, ya, harus mencetak gol agar mendapatkan hasil yang baik," ucap Shin Tae-yong.


 

Seperti diketahui, Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina. Tetapi, mereka banyak membuat peluang emas. Dari 16 peluang dan 7 on target, skuad Garuda hanya sanggup membuat 2 gol.

Lewat kemenangan tersebut, Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner up Grup A. Skuad Garuda (selisih gol +9) hanya kalah dalam selisih gol dari juara grup, Thailand (+11). 

Pada babak semifinal nanti, Indonesia akan menghadapi juara Grup B. Nantinya, laga semifinal akan digelar dengan format kandang-tandang. Pertama, Indonesia akan menjadi tuan rumah, lalu pada 9 Januari 2022, anak asuh Shin Tae-yong akan melawat ke markas lawannya. 

Baca Juga: Viral Richarlison Posting Gol Marselino Ferdinan ke Gawang Filipina

Untuk sementara, belum diketahui siapa lawan yang akan dihadapi Indonesia pada semifinal nanti. 

Pasalnya, Grup B belum dapat memastikan posisi akhir klasemen, lantara ada tiga tim yang masih berpotensi melangkah ke semifinal; Vietnam, Singapura dan Malaysia. 

Untuk sementara, Vietnam dan Singapura secara berurutan berada di peringkat satu dan dua. Keduanya hanya dibedakan selisih gol dan sama-sama mengumpulkan 7 poin dari 3 laga. 

Sementara itu, Malaysia menempati peringkat ketiga dengan koleksi 6 poin dari tiga pertandingan. 

Pada hari ini, Selasa (3/1/2022), Singapura akan berhadapan dengan Malaysia di Stadion Bukit Jalil. Sedangkan Vietnam bakal meladeni tamunya, Myanmar di Stadion Nasional My Dinh. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Jika Indonesia Lolos Semifinal, Shin Tae-yong Tidak Peduli dengan Calon Lawan

 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x