Kompas TV entertainment lifestyle

2023 Tahun Kelinci Air, Mengapa Orang Masih Percaya pada Shio?

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 16:57 WIB
2023-tahun-kelinci-air-mengapa-orang-masih-percaya-pada-shio
Mengapa orang masih percaya shio? (Sumber: eventbrite)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Awal tahun 2023 dipenuhi dengan banyaknya informasi mengenai ramalan shio. Tahun 2023, tepatnya mulai 22 Januari, akan memasuki tahun kelinci air dan ada banyak orang yang mencari informasi mengenai shio kelinci air.

Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada sains yang mendukung, shio dan zodiak merupakan sesuatu yang banyak diminati. Di India, ada “pasar” besar untuk shio dan zodiak.

Melansir Ideas TED,  pencipta Chineasy (sistem pembelajaran visual untuk bahasa China), ShaoLan Hsueh mengatakan bahwa shio bukanlah kebenaran ilmiah, tetapi mempelajarinya merupakan cara yang menyenangkan untuk mencapai tujuan yang sebenarnya.

Baca Juga: 4 Shio Ini Paling Mujur di Tahun Kelinci Air 2023, Apakah Akurat? Ini Penjelasannya

Shio cukup berbeda dengan sistem zodiak Yunani-Romawi. Shio dibagi menjadi siklus 12 tahun dengan simbol hewan berbeda yang mewakili setiap tahun.

“Setiap anak di China, Taiwan, dan Singapura mengetahui kisah zodiak China (shio). Itu adalah sesuatu yang mereka pelajari sejak lahir,” kata ShaoLan dalam TED Talk.

Menurutnya, shio menjadi suatu pijakan bagi orang China untuk mengambil sebuah keputusan.

“Mereka akan berkata, ‘Hei, ini bukan ide yang buruk untuk memiliki bayi Naga. Jack Ma adalah bayi Naga,” cerita ShaoLan.

Baca Juga: Tahun Kelinci Air, 3 Shio Ini Diprediksi Hoki Sepanjang 2023

Dikutip dari Daxue Consulting, shio memiliki posisi yang penting bagi masyarakat China. Mereka menggunakan shio di setiap keputusan besar, seperti saran hubungan asmara, pertemanan, memiliki anak, bahkan saat mempekerjakan karyawan.

Survei yang dilakukan oleh Woshipm menunjukkan bahwa 82 persen responden percaya pada astrologi dan shio, tetapi perempuan cenderung lebih percaya.

Selain itu, responden dengan usia di bawah 25 tahun cenderung menjadi penggemar shio, dengan 67 persennya membaca artikel tentang shio sesekali, sementara 9 persen membacanya setiap hari.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa penggemar shio lebih banyak ingin mengetahui tentang kepribadian mereka, angka atau tanggal keberuntungan, dan saran hubungan.

Baca Juga: Hati-Hati, 2023 Tahun Kelinci Air, Berikut Tiga Shio yang Diprediksi Apes

Kenyamanan psikologis, pengenalan diri, dan hiburan menjelaskan mengapa seseorang masih terobsesi dan percaya dengan shio. Tak sedikit responden yang menunjukkan bahwa mereka membaca shio untuk mendapatkan kejelasan selama masa-masa sulit.

Penggemar shio merasa hidup di luar kenali mereka sehingga membaca artikel terkait akan menenangkan pikiran mereka karena mereka dapat memahami kekuatan di balik takdir mereka.



Sumber : Ideas TED, Daxue Consulting


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x