Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Sudah Persiapkan Nama Capres tapi Pengumumannya Masih Tunggu Momentum

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 20:58 WIB
pdip-sudah-persiapkan-nama-capres-tapi-pengumumannya-masih-tunggu-momentum
Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira (Sumber: KOMPAS.com/Haryanti Puspa Sari)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan (PDIP) sudah mempersiapkan siapa tokoh yang akan diusung sebagai Calon Presiden dalam Pemilu 2024 mendatang. Meski demikian, PDIP masih menunggu momentum untuk mengumumkan nama tersebut.

Politisi PDIP Andreas Hugo Pereira berpendapat pihaknya memiliki keuntungan terkait siapa nama yang diungkapkan dalam kontestasi politik Pemilu 2024 ini.

"Sudah dipersiapkan (Capres), Januari ini sampai September, pendaftaran terakhir, ya nanti kita lihat. Dalam kontestasi sekarang ini, saya boleh katakan putusan proses dari kontestasi kotak pandoranya ada di PDIP," ujarnya dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Minggu (1/1/2023).

Andreas juga mengatakan pihaknya menyesuaikan momentum terkait pengumuman siapa yang akan diusung PDIP.

Baca Juga: Tunggu PDIP Umumkan Capres, NasDem Tetap Konsisten Usung Anies Baswedan

"Momentum itu penting, tidak selalu yang cepat lebih baik, atau yang lebih lambat itu buruk. Kita lihat dari pengalaman sebelumnya dari Pilpres ini," lanjutnya.

Andreas berpendapat PDIP belum buru-buru mengungkapkan siapa tokoh yang diusung karena melihat partai yang telah menentukan capres malah terlihat ragu.

"Toh yang sudah ada yang mengumumkan itu ragu-ragu dengan keputusan yang sudah dibuat. Jangan-jangan karena ini PDI Perjuangan belum mengumumkan," ujarnya sembari berseloroh.

Sementara Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda meyakini PDIP tidak akan segera mengumumkan siapa capres pilihannya.

Pasalnya, partai berlogo banteng ini merupakan partai besar yang bisa menentukan tendensi peta koalisi.

"PDIP saya kira akan mengumumkannya (capres) di akhir, bahkan last minute. PDIP ini betul dia menentukan tendensi peta koalisi, secara kursi dia posisinya strategis, tanpa berkoalisi pun bisa maju," ujarnya.

Ia juga menjabarkan enam variabel analisis terkait potensi siapa yang PDIP akan usung dalam Pilpres 2024 mendatang. Salah satunya adalah dengan memerhatikan king maker yakni Presiden Joko Widodo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x