Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tips Bijak Gunakan PayLater Untuk Liburan dan Belanja Akhir Tahun Agar Tak Boncos

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 06:35 WIB
tips-bijak-gunakan-paylater-untuk-liburan-dan-belanja-akhir-tahun-agar-tak-boncos
Ilustrasi PayLater, fasilitas yang semakin memudahkan masyarakat berutang. (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pergi berlibur di akhir tahun tentu menjadi keinginan banyak orang. Apalagi liburan akhir tahun juga berbarengan dengan libur anak sekolah.

Namun seringkali tidak ada dana yang cukup untuk liburan, sehingga orang menggunakan layanan PayLater untuk memesan tiket hotel, pesawat, hingga berbelanja di akhir tahun. 

Tapi jangan lupa, meski prosesnya sangat mudah, PayLater tetaplah utang yang wajib dilunasi. Jangan sampai, pulang liburan justru harus berutang sana-sini karena tidak sanggup membayar tagihan PayLater. 

Nah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam akun instagram resminya, memberikan sejumlah tips yang bisa diterapkan, agar tidak boncos saat menggunakan PayLater. 

Berikut Tips Bijak Gunakan PayLater:

1. Batasi Nilai Pinjaman

Batasi nilai pinjaman sesuai dengan kemampuan membayar. Manfaatkan fitur pengatur limit pinjaman yang ada di layanan PayLater. Dengan begitu, anda otomatis tidak bisa "kalap" saat berbelanja atau memesan tiket hotel karena limit pinjaman yang terbatas. 

Baca Juga: Simak Tips Cegah Penipuan Sniffing Bermodus Kurir Paket Kirim Foto ke WhatsApp

Limit pinjaman yang dibatasi sesuai kemampuan, juga akan membantu cicilan yang sesuai kemampuan anda. 

2. Pahami Kontrak dengan Baik 

Baca dan pahami hak dan kewajiban, termasuk biaya-biaya dalam kontrak perjanjian pinjaman.

Salah satunya adalah status pinjaman jika anda atau si peminjam meninggal dunia saat cicilan belum lunas. Jangan sampai keluarga anda kaget karena terbebani cicilan PayLater anda. 

3. Perhatikan Besar Cicilan dan Suku Bunga Pinjaman

Pastikan kamu sanggup membayar cicilan beserta bunga pinjaman. Karena PayLater adalah utang, anda harus menghitung cicilan PayLater dengan cicilan anda lainnya. Misalnya KPR, kartu kredit dan lainnya.

Baca Juga: Simak Tips Komplain soal Produk Atau Layanan di Media Sosial, Biar Tak Disomasi atau Dituntut

Anda juga bisa membandingkan bunga yang dikenakan oleh berbagai platform PayLater, sehingga bisa memilih yang bunganya paling murah. 

Total cicilan atau pembayaran utang yang dikeluarkan setiap bulannya, tidak boleh melebihi 30 persen dari pendapatan anda. Jika lebih dari itu, bisa dipastikan anda akan kesulitan membayar.


 

4. Pahami Denda Keterlambatan 

Pahami besaran denda jika telat membayar. Dengan adanya denda, jumlah yang harus anda bayarkan tentu semakin besar dan semakin memberatkan anda. 

Ada juga PayLater yang menyediakan asuransi keterlambatan pembayaran cicilan, sehingga memungkinkan Anda dibebaskan dari denda. 

Baca Juga: Simak Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Agar Tak Terlilit Utang Berkepanjangan

5. Bayar Tepat Waktu

Usahakan selalu membayar cicilan dan melunasi pinjaman tepat waktu agar tagihan tidak menumpuk dan terhindar dari denda. Pasang alarm reminder untuk membantu anda agar tidak lupa!

Demikian tips bijak menggunakan PayLater untuk liburan dan belanja akhir tahun, agar tidak boncos.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x