Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Simak Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Agar Tak Terlilit Utang Berkepanjangan

Kompas.tv - 31 Agustus 2022, 11:40 WIB
simak-tips-bijak-gunakan-kartu-kredit-agar-tak-terlilit-utang-berkepanjangan
Kartu Kredit (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kartu kredit kini sudah menjadi layanan keuangan yang akrab dengan masyarakat di perkotaan. Bukan hanya untuk belanja di mal atau makan di restoran, kartu kredit banyak dipakai karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya.

Tapi kalau tidak bijak saat menggunakannya, pemilik kartu kredit bisa terlilit utang besar berkepanjangan.

Perencana Keuangan Aidil Akbar pun mempunyai tips yang bisa dicoba, agar kartu kredit bisa memberikan manfaat optimal bagi pemiliknya. Berikut tipsnya:

1. Gunakan kartu kredit sebagai alat bantu bayar, bukan alat bantu belanja

Ketika Anda punya rencana beli handphone atau laptop dan barang lainnya yang memang secara nominal cukup besar, cara praktis untuk membantu pembayaran adalah dengan kartu kredit bisa lewat online atau gesek di tempatnya. 

Baca Juga: Tips Aman Investasi Properti Agar Tak Terjebak Pengembang Bodong

"Hal yang perlu diingat adalah Anda sudah mempunyai bujet untuk melunasi tagihan kartu kredit itu sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan. Lunasi tagihan sekaligus, jangan hanya membayar jumlah minimum," kata Aidil dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (31/8/2022).


 

"Sehingga fungsi kartu kredit sebagai alat bantu bayar pun terpenuhi. Sekali lagi, dengan mempunyai kartu kredit, bukan berarti jumlah uang Anda bertambah ya," katanya.

2. Pilih jenis dan penerbit kartu sesuai dengan kebutuhan Anda

Misalnya pilih limit kartu kredit yang sesuai dengan penghasilan dan daya bayar Anda. Sehingga Anda tidak kebingungan saat harus membayar tagihan.

3. Pilih jenis dan penerbit kartu kredit yang mengenakan bunga dan penalti paling kecil



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.