Kompas TV nasional viral

Viral Tabung Gas LPG Dijadikan Mainan Latto-Latto, Pertamina: Bahaya!

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 19:44 WIB
viral-tabung-gas-lpg-dijadikan-mainan-latto-latto-pertamina-bahaya
Tangkapan layar sebuah video yang memperlihatkan tabung gas LPG 3kg dibentur-benturkan seperti mainan latto-latto. (Sumber: Twitter Sbyfess via Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan ini viral tabung gas LPG 3 kilogram yang dimainkan dengan cara dibentur-benturkan seperti latto-latto, mainan yang tengah viral di media sosial. Namun, menjadikan tabung gas LPG sebagai latto-latto ternyata berbahaya.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan, membenturkan gas LPG bisa menyebabkan sejumlah hal yang tidak diinginkan. Sehingga, ia menyarankan warga untuk tidak melakukannya.

Dari aspek keamanan, Irto menyebut tabung gas LPG tidak boleh dibanting atau dibenturkan ke tabung atau benda lain berbahan baja. 

"Karena dikhawatirkan akan menimbulkan percikan api yang dapat berpotensi tersambar gas jika ada yang keluar," kata Irto dikutip Kompas.com, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Momen Jokowi dan Ridwan Kamil Main Latto-latto di Subang.

Di lain sisi, Irto menyebut tindakan membanting atau membenturkan tabung LPG bisa menyebabkan kerusakan. Valve atau katup yang ada pada tabung pun bisa rusak dan menyebabkan kebocoran gas.

"Hal ini membahayakan diri dan pengguna LPG lainnya juga," kata Irto.

Sebelumnya, mainan latto-latto berupa sepasang bola yang dibentur-benturkan pakai tali, viral di media sosial. Banyak warganet mengunggah video sedang bermain latto-latto.

Kemudian, terdapat sejumlah warganet yang berimprovisasi dengan menggunakan benda lain. Salah satunya dengan tabung gas LPG yang dibentur-benturkan seperti latto-latto.

Baca Juga: Viral! Jalan Kaki 45 Menit Per Hari, Bisa Turunkan Berat Badan 10 Kg dalam 2 Bulan, Benarkah?


 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x