Kompas TV nasional peristiwa

Ada Ancaman Badai Besar di Jakarta 28 Desember, Heru Budi: Swasta Bisa WFH

Kompas.tv - 27 Desember 2022, 11:33 WIB
ada-ancaman-badai-besar-di-jakarta-28-desember-heru-budi-swasta-bisa-wfh
PJ Gubernur DKI jakarta Heru Budi Hartono bicara soal potensi badai besar landa DKI Jakarta 28 Desember 2022 (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, menyebut pihaknya bakal berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait potensi badai besar yang bakal terjadi di wilayahnya besok Rabu 28 Desember 2022.  

Heru menyarankan perkantoran menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. 

Ia menyebut, secara khusus, pada tanggal ada potensi badai besar di Jakarta, kantor-kantor di Jakarta bisa memilih untuk kerja dari rumah. 

"Nanti kalau di jam kerja, masing-masing swasta bisa WFH (work from home)," ujarnya. 

Heru Budi menyebut pihak Pemprov DKI Jakarta bersama tim BNPB beserta BRIN dan TNI AU direncanakan bakal melakukan modifikasi cuaca. 

"Siang ini bakal rapim, kita bisa pecah dengan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) dan pengerukan-pengerukan kali (sungai)," kata Heru Budi di gedung BNPB, Selasa (27/12/2022) dipantau dalam Breaking News Kompas TV. 

"Mudah-mudahan tidak datang bencana itu ke Jakarta," ujarnya. 

Baca Juga: Potensi Badai Besar Jabodetabek 28 Desember, BNPB Ajak BMKG-TNI AU Modifikasi Cuaca

Heru menyebut pihaknya juga bakal rutin memberi imbauan soal potensi bencana dan antisipasinya kepada warga DKI Jakarta. 

"Bisa imbauan, lalu (melakukan) TMC, serta warga untuk hindari kondisi yang rawan," ucapnya. 

Baca Juga: Peneliti BRIN Sebut Ada Potensi Badai Dahsyat di Jabodetabek pada 28 Desember 2022

Potensi Badai di Jabodetabek 

Sebelumnya seperti diberitakan, Peneliti dari BRIN Erma Yulihastin menyebut wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi mengalami badai dahsyat.

Melalui cuitan di akun Twitternya, Erma Yulihastin menjelaskan, badai dahsyat di Jabodetabek akan terjadi pada 28 Desember 2022.


“Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” tulis Erma di Twitter, Senin (26/12/2022).

Erma juga melampirkan pantauan dari laman Sadewa yang menampilkan arah datangnya hujan dan badai dahsyat yang akan terjadi.

Menurut penjelasan Erma, badai dahsyat terjadi dari laut yang berpindah ke darat melalui dua jalur.

Yakni dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari luar (westerly brust) dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat (northerly, CENS).

Wilayah Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral hujan dan badai dahsyat tersebut. Dia menjelaskan, badai akan terjadi sejak siang hingga malam hari pada Rabu (28/12/2022) besok.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x