Kompas TV nasional peristiwa

Catat! Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta Ditutup Mulai Pukul 18.00 pada Malam Tahun Baru

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 16:32 WIB
catat-jalan-sudirman-thamrin-jakarta-ditutup-mulai-pukul-18-00-pada-malam-tahun-baru
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan kebijakan car free night (CFN) atau malam bebas kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat saat perayaan malam Tahun Baru 2023 pada Sabtu (31/12/2022). 

Menjelang waktu CFN, yang merupakan larangan kendaraan roda empat melintas, kecali angkutan publik MRT dan Bus TransJakarta, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bakal menutup Jalan Sudirman-Thamrin secara bertahap.

“Kami akan berlakukan pada Sabtu 31 Desember mulai pukul 20.00 WIB namun secara bertahap mulai 18.00 WIB,” kata Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022), dikutip dari Antara.

Menurut penjelasannya, penutupan jalan itu dilakukan agar memberikan keleluasaan bagi masyarakat menikmati suasana di kawasan Sudirman-Thamrin saat malam tahun baru.

Dia belum menjelaskan detail pengalihan arus yang akan dilakukan. Namun Syarin memastikan, Jalan Sudirman dan Thamrin akan ditutup total selama CFN berlangsung, yakni hingga pukul 02.00 pada 1 Januari 2023.

Sebab itu, dia mengimbau masyarakat untuk menggunakan angkutan umum apabila ingin berkunjung ke lokasi car free night. 

Baca Juga: Ada Car Free Night, Berikut Sebaran Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

Hal ini dikarenakan MRT Jakarta tetap beroperasi hingga pukul 02.00 WIB pada Minggu (1/1), sementara TransJakarta masih beroperasi 24 jam.

Di sisi lain, Syafrin mengatakan Dishub DKI juga menyiapkan sebanyak 40 tempat parkir Jakarta saat malam pergantian Tahun Baru 2023 di Ibu Kota, untuk warga yang membawa kendaraan pribadi.

Tempat parkir itu disediakan di gedung-gedung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

Seperti diketahui, perayaan malam tahun baru di Jakarta Pusat memang dipusatkan di Thamrin 10 yang berada di dalam kawasan Jalan Thamrin-Sudirman.

Namun, selain di Thamrin 10, terdapat enam lokasi lain perayaan malam tahun baru 2023 di Ibu Kota.

Di antaranya di Old Shanghai di Cakung, Jakarta Timur, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur dan masing-masing kantor wali kota Jakarta Barat dan Jakarta Utara, serta di Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

Baca Juga: TransJakarta Tambah 60 Armada Layani Rute Pusat Perayaan Natal dan Tahun Baru



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x