Kompas TV nasional update

Kepribadian Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Disebut Saling Membutuhkan, Ini Penjelasan Psikolog

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 14:13 WIB
kepribadian-ferdy-sambo-dan-putri-candrawathi-disebut-saling-membutuhkan-ini-penjelasan-psikolog
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo berpelukan saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2022). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli psikologi forensik Reni Kusumowardhani mengatakan hasil pemeriksaan kepribadian Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saling membutuhkan.

"Saling membutuhkan," jawab Reni ketika ditanya jaksa penuntut umum (JPU) apakah pola kepribadian Ferdy Sambo dan istrinya itu saling melengkapi, Rabu (21/12/2022) dipantau dari program Breaking News Kompas TV.

Pasalnya, ia mengungkapkan bahwa Sambo memiliki tipe kepribadian yang membutuhkan dukungan orang lain, sedangkan Putri membutuhkan dan bergantung pada figur yang bisa memberikan rasa aman.

Saat dihadirkan sebagai ahli di sidang kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Rabu (21/12/2022), Ketua Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia (Apsifor) itu menjelaskan bahwa Ferdy Sambo memiliki kepribadian kurang percaya diri, sehingga membutuhkan dukungan orang lain terutama dalam mengambil keputusan besar.

"Tipe kepribadiannya, individu yang kurang percaya diri dan membutuhkan dukungan orang lain di dalam bertindak dan mengambil keputusan terutama dalam hal-hal yang besar, ada pengalaman kecil yang membuat dia merasa nyaman apabila ada orang-orang yang melindungi di sekitarnya," tutur Reni.

JPU pun memperjelas maksud dari kebutuhan akan dukungan orang lain dalam kepribadian mantan Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Keamanan (Propam) Polri itu.

Baca Juga: Psikolog Forensik Ungkap Profil Ferdy Sambo: Cerdas, Butuh Dukungan Orang Lain, Bisa Dikuasai Emosi

"Ada kebutuhan tinggi dukungan dari orang lain untuk mengambil keputusan besar, apakah bisa terefleksikan dari bekerja sama dengan orang-orang yang ia percayai?" tanya JPU.

"Betul pak, bisa seperti itu bentuknya," jawab Reni.

"Artinya dia membutuhkan dukungan dan masukan dari orang-orang sekitarnya yang dia percaya untuk mengambil keputusan besar?" tanya JPU lagi.

"Bisa seperti itu," jawab Reni.


Sementara itu, Reni mengungkapkan bahwa Putri memiliki kebutuhan tinggi atau ketergantungan terhadap figur yang memberikan rasa aman.

JPU meminta penjelasan Reni terkait hasil analisis perilaku Putri yang menyatakan adanya kebutuhan tinggi terhadap figur yang memberikan rasa aman.

"Iya, jadi dia ini ada semacam dependensi (ketergantungan) secara emosional, kepada orang yang bisa menjadi obyek bergantungnya," ungkap Reni di sidang Ferdy Sambo Cs itu.

Ia mencontohkan, figur pemberi rasa aman itu di antaranya orang tua dan suami Putri Candrawathi. Saat menanggapi JPU, Reni juga membenarkan bahwa figur itu bisa saja ajudan yang memberi Putri rasa aman.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x