Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Zelenskyy DIlaporkan akan ke Amerika Serikat, Pertama Kali Pergi Keluar Ukraina Sejak Serangan Rusia

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 08:25 WIB
zelenskyy-dilaporkan-akan-ke-amerika-serikat-pertama-kali-pergi-keluar-ukraina-sejak-serangan-rusia
Zelenskyy di Bakhmut, 19 Desember 2022. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dilaporkan akan melakukan perjalanan ke Washington dan mengunjungi Kongres AS hari Rabu, (21/12/2022) meskipun perjalanan tersebut belum dikonfirmasi dan masalah keamanan dapat memaksa perubahan dalam rencana. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dilaporkan akan melakukan perjalanan ke Washington, Amerika Serikat (AS) dan mengunjungi Kongres AS hari ini Rabu (21/12/2022).

"Meskipun perjalanan tersebut belum dikonfirmasi dan masalah keamanan dapat memaksa perubahan dalam rencana," kata seorang sumber yang mengetahui perencanaan tersebut pada Selasa (20/12).

Punchbowl News pertama kali melaporkan kemungkinan perjalanan tersebut, yang akan menjadi perjalanan pertama Zelenskyy ke luar Ukraina sejak Rusia melancarkan serangannya ke negara itu pada 24 Februari silam.

Kunjungannya juga bisa termasuk singgah di Gedung Putih, seperti laporan CNN yang dikutip Straits Times, Rabu (21/12). Kedua media tersebut mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Menurut laporan Punchbowl, Zelenskyy diperkirakan akan bertemu dengan pimpinan kongres dan ketua komite keamanan nasional dari partai Republik dan Demokrat serta berpidato di sidang gabungan Kongres.

Zelenskyy terakhir meninggalkan Ukraina untuk Konferensi Keamanan Munich pada 19 Februari, menurut jadwal resminya. Juru bicaranya belum menanggapi pesan tertulis yang meminta konfirmasi.

Baca Juga: Zelenskyy Tiba-Tiba Kunjungi Bakhmut, Disebut Titik Terpanas Pertempuran Rusia-Ukraina

Seorang tentara Ukraina menghormat kepada Presiden Volodymyr Zelenskyy di sebuah lokasi di Bakhmut, Oblast Donetsk, Selasa (20/12/2022). (Sumber: Kantor Kepresidenan Ukraina)

Kongres AS

Sebelumnya pada hari Selasa, Ketua Kongres AS Nancy Pelosi mengatakan akan ada sesi Kongres pada hari Rabu malam yang akan memiliki "fokus khusus pada demokrasi".

Ucapan Pelosi, yang datang dalam sebuah surat, tidak merinci apa yang akan dibahas dalam sidang tersebut. Kantornya belum segera menanggapi permintaan komentar atas laporan kunjungan Zelensky.

Perwakilan AS Marcy Kaptur, ketua bersama Kaukus Kongres Ukraina, mengatakan kepada CBS News bahwa ada upaya berkelanjutan untuk membawa Zelenskyy ke gedung Kongres atau Capitol pada hari Rabu dan membuatnya berpidato di depan Kongres.

“Kami akan sangat tersanjung jika dia berkunjung. Saya kagum dia bisa melakukannya mengingat situasinya. Merupakan hadiah yang luar biasa untuk memilikinya di Capitol.

Kami bekerja dengan kepemimpinan untuk membantu. Kami pribadi mengerti jika dia tidak bisa hadir pada menit-menit terakhir,” kata Kaptur seperti dikutip dari CBS News.




Sumber : Kompas TV/Straits Times/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x