Kompas TV regional update

Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Margonda Depok Jelang Nataru, Berikut Detailnya

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 07:35 WIB
ada-rekayasa-lalu-lintas-di-jalan-margonda-depok-jelang-nataru-berikut-detailnya
Kondisi puteran balik di dekat Apartemen Margonda Residence 1 dan 2 Jalan Raya Margonda. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

DEPOK, KOMPAS.TV – Satlantas Polres Metro Depok melakukan sejumlah uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat. Rekayasa lalin itu sebagai persiapan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Bonifacius memaparkan, rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah menutup U-Turn atau putar balik yang ada di depan showroom Toyota.

Hal ini mencermati banyaknya pengendara yang melawan arus di sana. “Margonda merupakan pusat perdagangan dan jasa, dan terpantau sering adanya lawan arus di putaran tersebut,” kata Boni, Selasa (20/12/2022), dikutip dalam keterangan di laman resmi NTMC Polri.

Namun, lanjutnya, U-Turn yang ada di depan Apartemen Margonda Residence akan dibuka. “Rencana uji coba kurang lebih 2 mingguan dan akan terus dimonitor dan evaluasi. Apabila berdampak baik maka akan dipermanenkan,” ucapnya.

Adapun uji coba sudah dilakukan sejak akhir pekan kemarin. Boni pun menyebut akan mencoba menerapkannya pada hari kerja saat ini.

Baca Juga: Saat Libur Nataru Diprediksi 2,73 Juta Kendaraan Keluar Jabodetabek, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya

Selain banyaknya pengendara yang memutar arah, rekayasa lalu lintas juga dilakukan karena U-Turn di depan showroom Toyota dekat dengan simpang Juanda. Sehingga, apabila terjadi kepadatan, bisa sampai ke lampu merah.

“Kalau dari arah selatan padat dan banyak yang mutar di Toyota, ekornya sampai lampu merah. Makanya coba kita geser ke Mares supaya agak jauh dan posisinya di tengah agar yang dari utara dan selatan kalau mau berputar imbang,” ujarnya.

Uji coba rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan juga bersamaan dengan Operasi Lilin. Rencananya, uji coba tersebut akan dievaluasi pada tanggal 3-4 Januari 2023 nanti.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x